Mengatasi Modem Tidak Bisa Connect

Diposting pada
Modem Not Connected
Volare Techno ID – Saat ini di Indonesia masih banyak sekali pengguna Internet dengan menggunakan modem , Admin akan membahas salah satu permasalahan yang selalu dihadapi oleh para pengguna modem tersebut yaitu Mengatasi Modem Tidak Bisa Connect.

Sebelum masuk ke inti permasalahan Admin akan memberikan sedikit informasi tentang mengapa Modem Tidak bisa terkoneksi dengan internet , ini adalah hal yang perlu kalian perhatikan.

Alasan Modem Tidak Bisa Terkoneksi

  • Masalah utama yang sering dilakukan adalah kalian terlalu banyak mengganti Sim Card yang digunakan pada 1 modem sehingga menimbulkan kerusakan pada modem tersebut.
  • Masalah kedua dan juga paling saling sering dilupakan para pengguna adalah Paket Data yang kalian gunakan sudah habis , dan kalian tidak mengetahui hal tersebut sehingga modem tidak bisa terkoneksi.
  • Masalah ketiga ada kemungkinan kalian tidak sengaja mengubah settingan pada modem kalian sehingga menyebabkan tidak bisa terkoneksi pada internet.
  • Masalah ke empat ada kemungkinan perangkat PC ataupun Laptop yang kalian gunakan terserang virus sehingga virus tersebut menghilangkan driver modem.
  • Masalah kelima adalah Sim Card yang digunakan bisa saja rusak sehingga menyebabkan sinyal pada modem menghilang dan tidak bisa terkoneksi ke internet.

Mengatasi Modem Tidak Bisa Connect

  • Jika masalah kerusakan ada pada modem maka , langkah yang paling mudah dilakukan adalah kalian menggantinya dengan modem terbaru.
  • Jika masalah nya adalah pada paket data ada dua cara untuk mengatasi hal tersebut , kalian bisa membeli kartu perdana baru atau menggunakan kartu perdana lama namun hanya perlu mengisi paket data saja di gerai terdekat.
  • Jika masalahnya berada pada perubahan setting APN , maka hal ini lah yang harus kalian lakukan , Admin akan memberi list setting APN dan kalian perlu memeriksanya tergantung dengan provider yang kalian pergunakan.

    Cara mengganti setting APN, Klik Setting > Klik Setting Preference > Profile Management pada modem kalian.

    Indosat
    Profile Name: Indosat GPRS
    APN: Indosatgprs
    Username: indosat
    Password: indosat

    Telkomsel
    Profile Name: Telkomsel GPRS
    APN: Telkomsel
    Username: wap
    Password: wap123

    Three
    Profile Name: Three
    APN: 3gprs
    Username: 3data
    Password: 3data

    Axis
    Profile Name: Axis
    APN: Axis
    Username: Axis
    Password: 123456XL
    Profile Name: XL GPRS
    APN: www. xlgprs .net
    Username: xlgprs
    Password: proxl

  • Jika masalah nya berada pada virus silahkan kalian lakukan scan pada perangkat komputer / laptop yang kalian gunakan pastikan semuanya bersih dari virus , jika sudah melakukan scanning maka tugas kalian selanjutnya adalah melakukan install ulang driver modem tersebut.
  • Jika masalahnya pada Sim Card kalian bisa mencoba dengan menggunakan Simcard lain.
  • Jika semua langkah diatas tidak bisa , kalian perlu memeriksa port tempat modem tersebut digunakan , coba lepas modem tersebut kemudian pasang ke port lain di perangkat kalian.

Semoga dengan artikel di atas mampu memberikan pemecahan masalah bagi pengguna modem yang tidak bisa terconnect ke Internet , terima kasih sudah berkunjung dan membaca panduan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *