Cara Mengatasi Spasi Berantakan Di Seluruh Microsoft Word

Diposting pada
Spasi Berantakan Pada Microsoft Word
Mungkin kalian pernah mengalami salah satu masalah yang cukup sering dihadapi oleh para pengguna Microsoft Word , yaitu save file yang digunakan antar word itu selalu berbeda dan menyebabkan terjadi nya perbedaan setting saat kita membuka nya pada Microsoft Word lain , misalkan saja Save File pada Microsoft Word 2010 kemudian dibuka pada Microsoft Word 2007 , contoh gambar diatas adalah salah satu contohnya.

Dan bagaimana cara kita memperbaikinya ? apakah kita akan mengedit nya satu persatu ? tentu saja file tersebut sedikit maka hal itu bukanlah sebuah masalah besar , tapi jika file nya mencapai berpuluh puluh halaman atau malah berjumlah ratusan halaman , maka itu adalah sebuah perkara yang cukup besar.

Sebelum kita memasuki tentang pembahasan cara penyelesaian , mari kita bahas tentang kenapa file yang dipindah dari setiap versi microsoft word selalu mengalami perbedaan settingan dan juga sebagainya.

Penyebab File Berantakan

Tentunya kita mengetahui bahwa Microsoft Office memiliki beberapa versi contohnya adalah Microsoft Office 2003 , 2007 , 2010 , 2013 , 2016 , dan juga lainnya.

Nah dari setiap Office diatas memiliki fitur yang berbeda beda dari versi yang sebelumnya , mungkin juga pengguna pernah tidak bisa membuka file Microsoft Office dari versi terbaru ke versi yang lebih lama contohnya jika misalkan kita membuat file dengan menggunakan Microsoft Word 2007 dan kemudian kita menggunakan perangkat lain untuk membukanya , dan perangkat tersebut ternyata menggunakan Microsoft Office 2003 , tentu saja File tersebut tidak akan bisa dibuka dikarenakan perbedaan versi yang cukup jauh , meskipun ekstensi dari kedua file tersebut sama yaitu .doc dan juga .docx.

Kasus format File berantakan ini pun sama dengan diatas , sebenarnya kita bisa menggunakan cara mudah untuk mengatasi hal ini , yaitu dengan menggunakan trick save file yang akan kita bahas dibawah.

3 Cara Mengatasi Spasi Berantakan Di Microsoft Word

Disini ada 4 cara yang bisa kalian pilih dalam mengatasi spasi berantakan yang terjadi pada file Microsoft word kalian , kalian bisa memilih mana yang cocok untuk kalian.

Install Microsoft Office Suite Service Pack 3 (SP3)

Solusi pertama ini bisa digunakan bagi kalian pengguna Microsoft Office 2007, bisa dikatakan akan lebih simple dan jauh lebih baik karena ini akan benar benar mendukung semua fitur dari Office 2010 bahkan hingga 2013 , kalian hanya perlu melakukan install Suite Service Pack pada Office 2007 kalian , namun ukuran file nya lumayan cukup besar yaitu sekitar 351 MB , jika kalian ingin mendownload nya kalian bisa kesini The 2007 Microsoft Office Suite Service Pack 3 (SP3)
Ubah Save As Type Word 97-2003 Document

Cara ini dilakukan jika kita ingin menggunakan file yang dibuat pada Microsoft dengan versi terbaru namun hasilnya nanti akan bisa dibuka untuk Microsoft dengan versi yang jauh lebih lama seperti Office 2003 dan kebawahnya , namun sayang sekali cara ini juga memiliki kekurangan , yaitu fitur terbaru dari Microsoft Office ke atas tidak akan bisa terbaca pada Office dengan versi dibawahnya atau tidak bisa tersimpan.

Ubah Settingan Pada Office 2010 Atau Office 2013
Untuk langkah paling mudah , kita bisa menggunakan cara ketiga ini , jika kalian pengguna Microsoft Office 2010 atau 2013 maka kalian hanya perlu melakukan perubahan setting nya saja , silahkan buka Microsoft Office kalian , pilih menu File> Info> Prepare For Sharing> Check Compatibility , Kemudian yang harus kalian lakukan hanyala mencentang Check Compatibility When Saving Document tersebut dan selesai sudah.

Semoga dengan tutorial diatas , masalah yang kalian hadapi bisa terselesaikan , terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca tutorial pada website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *