Memperbaiki Kode Error Printer Canon MG2200

Diposting pada
Kode Error Printer Canon MG2200
Kode Error Printer Canon MG2200
Printer Canon MG2200

Volare Techno ID – Terkadang saat kita ingin melakukan pencetakan Dokumen , tidak jarang Printer yang kita gunakan tiba tiba mengalami masalah.

Canon Pixma MG2200 memiliki 2 jenis kode Error , Kode tersebut adalah ” P ” dan juga ” E

Dibawah kita akan membahas tentang apa saja kode error dari ” P “

Untuk melihat pesan error kalian hanya perlu melihat di bawah Tombol ON , disitu akan terlihat layar dan juga pesan error apa saja yang terjadi pada Printer MG2200 yang kalian gunakan.

Kode Error Printer Canon MG2200 ” P ” :

P02 (Carriage Error)

Jika Printer kalian mengalami masalah diatas cara mengatasinya ada 2:

Check Compartment Printer


Silahkan kalian periksa adakah benda asing seperti misalnya kertas yang tersangkut atau batu kecil yang tersangkut pada roll printer , jika ada benda asing segera pindahkan dan juga bersihkan kembali , kemudian lakukan print ulang.

Check Encoder Printer 


Biasanya kita hanya terpaku dalam menggunakan Printer, dan tidak pernah membersihkan bagian dalam printer,

jika ini terjadi maka kalian harus melakukan pembersihan rutin, agar printer kalian bisa bekerja secara optimal , Encoder Printer biasanya terkena Tinta , kalian perlu melakukan pembersihan jika hal ini terjadi.

Bentuk Timing Disk Printer


P03 (Line Feed Error)


Jika Printer kalian mengalami masalah diatas penyebabnya dikarenakan Timing Disk Kotor atau bahkan terjadi kerusakan, untuk cara mengatasinya ada 2

Check Timing Disk


Lokasi dari Timing Disk berada pada sebelah Kiri Printer , jika mengalami kotor segera saja kalian bersihkan hingga bersih.

Check Board Timing Disk

Terkadang masalahnya bukan berada pada timing disk , melainkan pada boardnya , jika hanya masalah debu atau kebersihan kalian bisa melakukannya sendiri dengan membersihkan board tersebut , namun jika terjadi gangguan pada boardnya dikarenakan hal lain , maka kalian perlu memanggil ahlinya agar bisa memperbaikinya.

P05 (ASF Sensor Error)


Jika Printer kalian mengalami masalah diatas penyebabnya dikarenakan sensor pendeteksi kertas terjadi kerusakan, untuk cara mengatasinya ada 3 , dan semuanya adalah dengan cara melakukan penggantian spare part.

Berikut adalah List Spare Part yang harus kalian periksa atau ganti jika pesan error P05 muncul pada Printer MG2200 kita muncul:

– ASF / PE Sensor Unit
– Board Printer Canon Pixma MG2200
– Motor

P06 (Internal Temperatur Error)

Kode P06 muncul dikarenakan adanya panas yang berlebihan pada Printer kita untuk solusinya pertama yang kita perlu lakukan adalah membersihkan bagian dalam printer terlebih dahulu , jika sudah maka board perlu dilakukan penggantian terbaru.

P07 (Ink Absorber Full)

Untuk Ink Absorber Full ini terjadi dikarenakan Ink Counter sudah terlalu penuh , maka Printer minta dilakukan reset secara sistem dengan menggunakan Software.

P08 (Print Head Temperature Rise Error)

Masalah ini muncul biasanya dikarenakan printer terlalu banyak digunakan sehingga menaikan temperatur head catridge , untuk solusinya sendiri kalian bisa berhenti menggunakan sebentar atau jika sedang dalam tuntutan kondisi cara satu satunya dengan mengganti catridge nya.

P09 (EEPROM Error)

Untuk masalah ini terjadi karena Board mengalami kerusakan , kalian harus mengganti nya dengan board baru.

P10 (Catridge Unit / Logic Board / Carriage Unit Error)

Kode Error Printer Canon MG2200 ini muncul karena kita terlalu banyak menggunakan printer dan tanpa memberinya jeda , kadang catridge sampai kehabisan tinta atau lainnya , solusi dari masalah ini ada 3 dan kalian hanya perlu memeriksa ketiga bagian yang sudah admin sebut di atas jika salah satu rusak maka perlu dilakukan penggantian komponen baru.

P15 (USB VBUS Over Current Error)

Untuk Kode Error Printer Canon MG2200 P15 ini muncul dikarenakan adalah kelebihan arus pada kabel usb printer kita untuk solusinya sendiri ada 2 , pertama adalah ganti kabel yang kita gunakan , kedua jika saat kita sudah mengganti kabel dengan yang lain namun tetap terjadi masalah yang sama , bisa dipastikan board printer bermasalah , dan perlu dilakukan pembersihan atau penggantian.

P20 (Other Hardware Error)

Masalah ini terjadi dikarenakan terjadinya kerusakan pada hardware lainnya.

P22 (Scanner Error)

Masalah ini muncul dikarenakan Scanner Error , entah itu dikarenakan boardnya yang rusak atau malah scanne tersebut yang memang bermasalah , untuk solusinya coba pertama ganti scanner nya , jika sudah bisa maka tidak perlu dilakukan pengecekan board.

Kode Error Printer Canon MG2200 ” E ” :

E04 (Catridge Tak Terpasang Dengan Benar)

Saat kita mengganti catridge sebaiknya kita perlu lebih berhati hati lagi , bisa saja kita tidak memasangnya dengan benar , jika kode ini muncul kalian perlu lebih hati hati dalam meletakkan catridge printer.

E05 (Catridge Tak Terpasang Dengan Benar / Rusak)

Disini hampir sama dengan kode Error E04 namun ada perbedaanya , di kode Error E05 bisa diartikan terjadi kerusakan pada sebuah catridge , sering sering melakukan pengecekkan pada catridge kalian ya sobat.

E14 & E15 (Catridge Tak Terpasang Dengan Benar)

Sama dengan kode error E04 , kalian hanya perlu melepas dan memasang catridge kembali dengan posisi yang benar.

E13 & E16 (Ink Has Run Out / Reset Catridge)

Jika kode ini muncul maka yang harus kalian lakukan adalah memencet tombol stop selama 5 detik maka printer akan kembali normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *