Mengatasi Malware Dengan Mudah

Diposting pada

Mengatasi Malware

Mengatasi Malware

Apa Itu Malware:

Malware adalah sebuah software yang digunakan untuk tujuan kejahatan, kebanyakan digunakan untuk mendapatkan data atau menghapus data bahkan menyembunyikan data.

Selain masalah diatas Malware sendiri juga bisa merugikan pengguna lain seperti misalnya menghabiskan bandwith sumber daya laptop kalian.

Hal ini tentu saja sangat berbahaya bagi peralatan yang kalian gunakan dan dapat menyebabkan berbagai macam kerusakan.

Kategori Malware:

Disini Admin akan memberikan 3 Kategori kepada Malware yang selalu mengintai kita dikehidupan kita sehari hari

  • Malware Yang Menyerang Perangkat Secara Hidden: Trojan atau Backdoor
  • Malware Yang Mencuri Data: Spyware , Keylogger , dll.
  • Malware Yang Merusak Perangkat: Worm , Virus , dll.

Nah diatas adalah golongan dari berbagai macam Malware, Malware sendiri sangat merugikan karena bisa menyebabkan performa perangkat menjadi lebih lemah.

Bahkan selain menyebabkan performa lambat Malware dapat mengacaukan data yang ada perangkat elektronik kita , seperti misalnya menghapusnya atau merubahnya.

Lalu langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut ? Dibawah akan Admin jabarkan secara lebih mudah agar kalian bisa mengerti.

Mengatasi Malware:

Dibawah Admin akan memberikan list 7 langkah apa saja yang harus kalian lakukan saat akan mengatasi malware dan membuat perangkat kalian aman digunakan.

1. Uninstall Program Tak Dikenal

Biasanya Malware menjangkit melalui Aplikasi yang kita download secara ilegal , sebaiknya kalian mendowload melalui sistem resmi agar aman digunakan , periksa semua file kalian dan uninstall jika ada file mencurigakan.

2. Scan Dengan Antivirus

Program Malware termasuk merupakan virus , untuk menanganinya kalian bisa menggunakan program antivirus untuk mengkarantina maupun menghapus file virus tersebut , kalian harus selalu mengupdate antivirus kalian.

3. Scan Dengan Save Mode

Bagi kalian yang tidak cukup berhasil dalam melakukan scanning menggunakan antivirus , sebaiknya kalian gunakan scan pada save mode , dikarenakan save mode tidak akan mengaktifkan program yang tidak diperlukan sehingga membuat perangkat tersebut tidak menjalankan program ilegal dari virus.

4. Scan Dengan Live CD

Ada beberapa jenis Malware yang tetap akan aktif saat kita menggunakan Save Mode maka dengan hal tersebut cara ini bisa kalian lakukan jika save mode tidak bekerja dengan baik yaitu menggunakan live cd, Scanning sendiri berjalan pada saat booting atau sebelum masuk windows , sehingga virus tidak sempat untuk bertindak dan mengacaukan system perangkat kita.

5. Gunakan Windows Defender

Bagi kalian yang tidak memiliki program antivirus disarankan agar menggunakan Windows Defender , ini dikarenakan Windows Defender memberikan proteksi terhadap berbagai ancaman dari program perusak perangkat kalian , dan sebaiknya selalu update Windows kalian agar selalu mendapatkan update tentang virus / malware terbaru.

6. Lakukan Penghapusan Temporary File

Biasanya saat kita masuk kedalam sebuah website ilegal seperti melakukan download ilegal , ada beberapa website yang menanamkan Malware di website tersebut , dan Malware tersebut akan masuk ke perangkat kalian secara tidak diketahui , dengan menghapus temporary file bisa mencegah kalian terkena malware.

7. Install Ulang Windows

Jika semua cara tidak bisa digunakan , maka cara terakhir adalah kalian harus melakukan penghapusan data secara total , atau bahkan harus melakukan install ulang windows agar mengembalikan performa perangkat kalian seperti semula dan tidak menyebabkan kerusakan pada perangkat kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *