Cara Mencegah Malware Pada Perangkat Yang Kita Gunakan

Diposting pada

Mencegah Malware

Cara Mencegah Malware

Kalian pengguna perangkat PC pasti sudah tidak asing dengan apa itu Malware bukan , bagi kalian yang belum paham apa itu Malware.

Malware:

Malware atau yang disebut dengan Malicious Software adalah semacam program itu termasuk script , code , active content dan lainnya.

Contoh Malware:

Contoh Malware sendiri ada banyak diantaranya adalah Worm , Virus , Keylogger, Browser Hijacker Spyware , Backdoor dan berbagai macam aplikasi ilegal lainnya.

Mengapa Malware Berbahaya:

Dalam Penggunaan Internet Malware sendiri dikatakan cukup berbahaya karena memiliki potensi untuk merusak perangkat anda , bukan hanya software , Hardware pun juga ikut terkena imbasnya.

Malware sendiri biasanya menyerang secara diam diam tanpa kita ketahui , tiba tiba saja sudah menyerang perangkat yang kita gunakan.

Perangkat yang di infeksi antara lain adalah PC , Laptop , Smartphone yang kita gunakan , bisa saja perangkat tersebut terkena Malware.

Lalu bagaimana cara mencegah Malware tersebut agar tidak menyerang perangkat kita ? dibawah akan Admin perjelas agar lebih mudah kalian praktek,an.

Mencegah Malware:

Bagi kita segala tindakan pencegahan adalah hal yang harus kita lakukan , agar nantinya kita tidak menyesal dan agar perangkat yang kita gunakan aman dari berbagai ancaman dari Internet.

Admin akan memberikan langkah apa saja yang harus kalian lakukan agar perangkat kalian aman dari gangguan Malicious Software ini.

1. Hindari Program Ilegal , Nulled , Atau Bajakan

Biasanya Malware disisipkan pada saat kita mengunjungi sebuah website ilegal ataupun mendownload sesuatu dari website ilegal tersebut , kebanyakan berupa aplikasi yang kita gunakan adalah bajakan dan tertanam Malware yang dapat merusak perangkat kita.

2. Gunakan OS Original Dan Update Semua Aplikasi Software / Browser

Biasanya jika kita menggunakan OS Ilegal maka Update tidak akan berjalan dan ini bisa menjadi celah bagi Malware agar bisa menyerang perangkat kita , ingat selalu gunakan OS asli dan selalu lakukan update semua aplikasi maupun browser kalian agar mendapatkan informasi tentang Malware / Virus terbaru.

3. Gunakan Firewall Windows

Fungsi dari Firewall ini adalah untuk menyaring jaringan yang masuk ke perangkat yang kita gunakan dan hanya lalu lintas resmi saja yang diperbolehkan untuk melewati Firewall , ini bisa digunakan untuk langkah pencegahan agar Malware tidak masuk dengan mudah.

4. Gunakan Antivirus Resmi

Antivirus ini bukan hanya digunakan untuk melindungi dari virus saja , namun Malware juga termasuk dan jangan lupa untuk selalu melakukan update pada antivirus kalian , karena informasi tentang Virus dan juga Malware selalu diperbaharui setiap waktu.

5. Jangan Membuka Website Ilegal

Biasanya Website yang menggunakan jasa download game bajakan atau aplikasi bajakan dan lainnya sengaja di sisipkan Malware didalamnya , entah itu pada website sendiri atau melalui aplikas yang kita download , maka sebaiknya kita tidak perlu masuk ke website tersebut.

6. Hindari Menggunakan Layanan File Sharing Terbuka

Artinya kita tidak boleh sembarangan mendowload ke website yang memang menyediakan file sharing tersebut , bisa saja file yang kita download mengandung Malware , meskipun tidak semua nya berisi malware kita tetap harus berhati hati.

7. Hati Hati Terhadap E-Mail

Biasanya ada orang tidak dikenal mengirimkan email dengan link aneh , jangan pernah sekalipun membuka link tersebut , bisa saja itu Malware.

8. Gunakan Password Rumit

Tidak asing bahwa kita memiliki banyak informasi di dunia internet , untuk melindungi informasi tersebut kalian diwajibkan untuk membuat password yang cukup rumit agar tidak mudah di pecahkan mesin.

9. Gunakan Anti Malware

Contoh Software Anti Malware cukup banyak , kalian bisa menggunakan McAfee Site Advisor , IOBit Malware Fighter dan macam macam lainnya.

10. Bersihkan Selalu Temp File Di Internet

Saat kita mengunjungi sebuah website biasanya browser akan menyimpan informasi tersebut nah kita harus selalu membersihkannya agar perangkat bebas dari Malware.

Semoga tips di atas bisa membantu kalian dalam Mencegah Malware masuk pada perangkat kalian.

Bagi kalian yang mengalami masalah dengan Malware , kalian bisa membaca artikel dibawah

Mengatasi Malware Dengan Mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *