Menghilangkan Virus PC Dengan AntiVirus atau Tanpa Antivirus

Diposting pada

Menghilangkan Virus PC Dengan AntiVirus atau Tanpa Antivirus

Menghilangkan Virus

Virus merupakan sebuah hal yang paling menjengkelkan bagi kita para pengguna perangkat elektronik seperti PC ataupun Laptop bahkan juga Smartphone, dan ini merupakan masalah yang paling tidak di inginkan bagi semua orang dikarenakan akan membuat kita tidak nyaman dalam menggunakan perangkat tersebut.

Biasanya Virus sangat mudah sekali menyerang perangkat kita , dan kebanyakan OS yang digunakan adalah OS Windows.

Pada kesempatan kali ini Admin akan membahas tentang virus dan bagaimana cara mengatasinya.

Virus biasanya disebarkan untuk tujuan tidak baik , dimulai dari untuk merusak data maupun mencuri data tersebut.

Bahkan terkadang sebuah virus ditanamkan untuk mengawasi aktifitas pada perangkat yang kita gunakan , bahkan ada juga yang digunakan untuk merusak jaringan kita.

Hal ini tentu saja akan merugikan bagi kita dan dapat menyebabkan kerusakan entah itu pada data kita maupun perangkat kita.

Dan itu akan membuang waktu berharga kita apalagi jika data yang rusak tersebut sangat penting bagi pekerjaan atau tugas kita.

Dibawah Admin akan memberikan metode apa saja yang harus kalian lakukan ketika Perangkat yang kalian gunakan terjangkit virus.

Metode dibawah akan Admin bagi dari beberapa segmen , yang pertama menggunakan Antivirus yang kedua tanpa antivirus.

Menghilangkan Virus Dengan Antivirus

Dibawah admin akan memberikan 10 list Antivirus yang selalu terupdate setiap waktunya dan kalian bisa menggunakan antivirus tersebut.

10. Antivirus Adaware 12

Mungkin kalian masih asing dengan nama Adaware , tapi ini adalah salah satu dari top 10 Antivirus pada tahun 2018 ini , apalagi setelah melakukan rebranding , untuk fiturnya sendiri Antivirus ini dilengkapi dengan PC Protection dan juga Download Protection dan beberapa kelengkapan lainnyan untuk antivirus pada umumnya.

Jika kalian ingin mencoba Aplikasi ini kalian bisa mendapatkannya disini

9. 360 Total Security

Pada posisi 9 kita mendapati 360 Total Security , Antivirus ini adalah salah satu dari berbagai macam antivirus yang memiliki banyak fitur , bahkan bisa dibilang antivirus ini memiliki fitur terbanyak dibandingkan antivirus lainnya.

Adanya Web Protection dan juga auto scanning file dan banyaknya fitur lainnya membuat kita merasa aman ketika menggunakan antivirus ini , bagi kalian yang ingin mencobanya kalian bisa mendapatkanya disini.

8. Sophos Home

Pada posisi 8 kita memilih menggunakan Sophos Home , Antivirus ini terkenal dengan update virusnya , bahkan paling up to date dan cepat dalam membasmi virus terbaru , ini dipastikan karena adanya fitur Advance Computer Security yang terbukti mampu membersihkan segala macam virus.

Bagi kalian yang ingin mencoba Sophos Home kalian bisa berkunjung kesini.

7. Antivirus Panda

Panda Antivirus adalah salah satu Antivirus teringan yang pernah ada , namun tentu saja karena ringan tidak begitu banyak fitur yang disediakan namun masih tetap aman digunakan karena antivirus ini memiliki fitur real time update dan juga USB Protection.

Bagi kalian yang tertarik untuk mencoba menggunakannya bisa mendapatkannya disini.

6. Antivirus Zone Alarm 2018

Bagi kalian mungkin masih asing dengan nama Zone Alarm , ini dikarenakan antivirus ini melakukan beberapa kali pergantian nama pada produk mereka , tapi pada tahun 2018 mereka menggunakan nama Zone Alarm , untuk fitur nya sendiri bisa dikatakan cukup lengkap dikarenakan ada fitur Antivirus , Firewall bahkan Identity & Data yang menyebabkan benar benar aman.

Bagi kalian yang tertarik untuk menggunakan bisa mendapatkannya disini.

5. AVG Antivirus

Kalian pasti sudah tidak asing dengan nama AVG Antivirus bukan sobat ? AVG adalah salah satu Antivirus tertua dan memiliki jalan panjang serta memiliki database yang selalu terupdate setiap waktunya , dengan fitur yang cukup banyak akan membuat kalian nyaman dalam menggunakannya.

Bagi kalian yang ingin menggunakannya bisa kesini.

4. Antivirus Kaspersky

Kaspersky juga adalah salah satu Antivirus tertua dan benar benar sudah cukup teruji dengan jaman , kalian tidak perlu ragu untuk menggunakan antivirus ini , Kaspersky adalah Antivirus ciptaan Russia dan memiliki beberapa fitur yang cukup populer dikalangan umum yaitu Web Protection dan juga Email Protectionnya.

Bagi kalian yang tertarik untuk mencoba Antivirus ini bisa berkunjung kesini.

3. Antivirus Avira

Avira bisa dikatakan sebagai sesepuh dari para Antivirus sebelumnya , Antivirus ini pertama kali ada pada tahun 1986 dan tetap ada sampai saat ini , untuk database virus sendiri tidak perlu dipertanyakan dikarenakan sudah pasti menampung banyak sekali virus yang ada.

Avira terkenal dengan performanya yang ringan , kemudian solid interface nya yang menarik membuat Avira menjadi idola banyak orang.

Fiturnya sendiri cukup banyak , ada cloud protection yang digunakan untuk menganalisa berbagai macam file.

Kemudian ada browse tracking blocker yang digunakan untuk mengawasi aktivitas browsing kemudian ada PUA Shield yang digunakan untuk menangkal virus berbahaya  , dan berbagai macam fitur lainnya.

Bagi kalian yang ingin mencoba fiturnya silahkan kalian menuju kesini.

2. Antivirus Bitdefender

Pada posisi kedua kita memiliki Bitdifender , Bitdefender merupakan Antivirus yang berasal dari Rumania , fitur Bitdefender bisa dikatakan cukup unik dikarenakan adanya fitur On-Demand Virus Scanning yang digunakan untuk menghapus berbagai macam virus dimulai dari Trojan , Spyware , Ransomware dll.

Kemudian adanya fitur anti phising yang melindungi anda dari website berbahaya , kemudian ada behavioral detection yang berguna untuk memonitor aplikasi, kemudian dengan adanya anti fraud untuk mengawasi berbagai macam website yang kalian kunjungi.

Bagi kalian yang ingi mencoba memilikinya bisa kesini.

1. Avast Antivirus

Pada posisi pertama kita memiliki Avast , kenapa Avast ditempatkan pada nomer 1 ? ini dikarenakan Avast adalah salah satu Antivirus yang benar benar teruji dalam fitur fitur mereka mulai dalam menangani virus bahkan mampu menahan serangan Hacker.

Fiturnya sendiri terbilang cukup banyak , ada Wifi Inspector yang berguna untuk mengamankan jaringan kalian.

Kemudian ada CyberCapture untuk membersihkan berbagai macam ancaman pada perangkat.

Smart Scan yang berfungsi untuk mendeteksi ancaman pada perangkat , dan kemudian ada fitur Game Mode yang mengatur berbagai macam notifikasi dan Behaviour Shield sebagai pengawas dari beragam aplikasi.

Bagi kalian yang tertarik bisa kesini untuk mencoba aplikasinya.

Menghilangkan Virus Tanpa Antivirus Pada Windows 7

1. Windows Defender

Windows Defender adalah salah satu dari sekian banyak opsi yang ada , ini adalah salah satu program bawaan dari Windows yang ada tanpa perlu kita download terlebih dahulu , kalian cukup menggunakan setting nya secara on agar bisa melakukan scanning pada PC / Laptop kalian.

Hanya saja memiliki kelemahan , database virusnya tidak terlalu lengkap dan memiliki banyak celah keamanan , maka sebaiknya kalian perlu menggunakan Antivirus untuk mencegah virus menyerang pada Perangkat milik kalian.

2. Format Partisi

Melakukan format partisi bisa dibilang cara yang cukup beresiko , ini dikarenakan kalian harus tahu terlebih dahulu partisi mana yang benar benar terinfeksi virus , jika salah maka data kalian akan terbuang secara sia sia , namun biasanya Format Partisi dilakukan jika virus hanya menyerang Flashdisk atau perangkat portable lainya seperti misalnya harddisk eksternal atau USB Flashdisk atau Memory Card.

3. Menghilangkan Virus Dengan Manual Delete Registry Editor

Cara ini bisa dibilang sama seperti cara nomer 2 , perbedaannya adalah kita tidak menghapus seluruh partisi , kita hanya akan menghapus file virus tersebut saja , kita juga harus benar benar yakin bahwa file tersebut memang benar benar virus.

Cara ini biasanya dilakukan saat Antivirus kalian menemukan sebuah virus namun tidak bisa melakukan penghapusan pada file tersebut , maka dirimu sendirilah yang harus melakukannya secara manual.

Setelah selesai menghapus file virus utama tadi kalian juga tidak boleh lupa untuk menghapus file registry yang berhubungan dengan virus tersebut.

Kalian bisa mencarinya dengan menggunakan Registry Editor dan carilah seluruh entry yang berhubungan dengan virus tersebut dan lakukan pembersihan , sehingga benar benar tidak ada file tersisa dari virus tersebut.

4. Menghilangkan Virus Dengan Lakukan Install Ulang

Cara ini biasanya dilakukan ketika benar benar tidak ada cara lain , selain menggunakan antivirus tidak bisa , menggunakan cara normal pun tidak bisa , hanya ada satu cara tersisa yaitu melakukan install ulang.

Cara ini akan benar benar sangat ampuh dalam menghilangkan segala virus dikarenakan melakukan penghapusan total dan menggantinya dengan OS terbaru , jadi kalian tidak perlu khawatir lagi tentang virus tersebut.

Admin hanya perlu mengingatkan tentang file kalian , lakukan back up secara berkala untuk mencegah virus dapat merusak file kalian , kalau perlu siapkan harddisk eksternal tersendiri untuk back up data kalian agar aman dari gangguan virus.

Menghilangkan Virus Tanpa Install Ulang

Dibawah admin akan menambahkan beberapa penjelasan lagi , mungkin cara tambahan ini bisa kalian lakukan sebelum benar benar perlu melakukan install ulang pada perangkat yang kalian gunakan.

1. Menggunakan Command Prompt

– Klik Start > Ketik CMD > Run As Administrator

– Ketik dir pilih drive tujuan kalian kemudian tekan enter, Contoh jika Drive D maka dir D: attrib -s -h /s /d Enter

– Setelah itu nanti CMD akan melakuka eksplorasi ke kesulurahn Drive tersebut dan memuat semua file yang ada disitu

– Setelah itu kalian bisa mencari file yang tidak biasa dengan berformat .EXE pastikan bahwa file tersebut tidak pernah kalian install sebelumnya , kemudian kalian bisa menghapusnya pada Command ini.

– Jika tidak bisa maka kalian bisa menggunakan Regedit , Start>Run>Regedit>Edit>Find masukkan nama virus yang kalian temukan tadi dan lakukan penghapusan pada semua registry yang ada pada file tersebut.

2. Matikkan Layanan Mencurigakan Pada Taks Manager

– Buka Task Manager CTRL + SHIFT + Esc

– Cari Aplikasi yang sedang berjalan namun menurut kalian aneh dan mencurigakan

– Matikan aplikasi tersebut

– Kemudian buka MS Config

– Masuk ke System Configuration > Opsi Service > Hapus Centang kolom yang mencurigakan bagi kalian

– Masuk Startup kemudian kalian akan melihat file mencurigakan tersebut , kemudian tandai.

– Kemudian bukan CMD cari nama file tersebut di CMD dan lakukan penghapusan file tersebut dengan CMD

Semoga Informasi di atas membantu kalian dalam menangani perangkat kalian yang terjangkit Virus.

Terima Kasih sudah Membaca Artikel Menghilangkan Virus PC Dengan Antivirus Atau Tanpa Antivirus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *