Jenis Malware Dan Berbagai Macam Fungsi Dan Kegunaannya

Diposting pada

JENIS MALWARE DAN FUNGSINYA

Jenis Malware
Jenis Jenis Malware

Di Era Modern ini informasi sudah semakin banyak , dan kita semakin dimudahkan dengan adanya Internet karena kita bisa menjangkau informasi dari seluruh dunia dengan hitungan menit saja.

Namun kita perlu khawatir dengan apa yang kita dapatkan dari Internet , bukan hanya sekedar informasi saja namun bisa jadi itu adalah sebuah hal yang malang.

Disini yang Admin maksud adalah ancaman saat kita berada di Internet bisa saja perangkat yang kita gunakan terjangkit Malware dan kita tidak mengetahuinya.

Pada postingan kali ini Admin akan menjelaskan tentang berbagai macama Jenis Malware dan apa saja penjelasan tersebut silahkan kalian simak di bawah.

Jenis Malware:

Virus PC

Kalian pasti sudah tidak asing dengan nama Virus yang menjangkit pada PC bukan , tapi tahukah kalian bahwa sebenarnya Virus adalah termasuk salah satu dari sebuah Malware , perbedaannya adalah biasanya virus ditanamkan kepada sebuah Aplikasi.

Biasanya kalian mendapatkan aplikasi ini dari sebuah website ilegal , Malware biasanya menyerang secara diam diam , berbeda dengan Virus.

Virus biasanya menyerang ketika program dijalankan , artinya jika program tersebut tidak dijalankan maka virus tidak akan menyebar pada PC yang kita gunakan.

Virus kebanyakan menyebar dari sebuah program ber ekstensi file .EXE dan ketika program dijalankan maka virus akan segera menyerang perangkat kalian.

Worm PC

Mungkin kalian masih asing dengan apa itu Worm , Worm sendiri termasuk dalah salah satu Malware , cara kerja Worm sendiri berbeda dengan Virus.

Jika Virus baru bisa menyerang perangkat ketika diaktifkan maka Worm kebalikannya , Worm bisa menyerang perangkat tanpa perlu adanya campur tangan user.

Worm biasanya menyerang perangkat yang memiliki system keamanan rendah dan mereka mampu menggandakan dirinya dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet).

Untuk celah keamanan biasanya disebut dengan Vulnerability , dan kalian harus benar benar mulai mengatasi setiap celah keamanan pada perangkat kalian.

Spyware PC

Beberapa dari kalian mungkin masih asing dengan nama Spyware , Admin akan memberikan sedikit penjabaran , Spyware adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengintai.

Spyware biasanya digunakan untuk memata matai atau mengirimkan sebuah informasi tentang pihak tertentu ke pihak lainnya , dan biasanya Spyware digunakan oleh para pemasang iklan.

Adware PC

Bagi kalian yang tidak tahu apa itu Adware , Adware adalah sebuah Malware tapi dalam bentuk Iklan.

Biasanya Adware disisipkan kepada sebuah program yang bersifat free untuk tujuan promosi iklan.

Trojan Horse PC

Trojan Horse adalah salah satu jenis Malware yang cukup berbahaya yang bisa menyerang perangkat kalian , kenapa bisa dibilang berbahaya ?

Karena Trojan Horse adalah salah satu Aplikasi yang dibuat untuk memuat berbagai macam Malware lainnya , bisa itu virus , Ransomware , Worm , dan berbagai macam lainnya.

Dan bahkan orang lain bisa melakukan remote pada perangkat yang kalian gunakan dan mencuri data penting pada perangkat kalian.

Keylogger PC

Keylogger merupakan sebuah software yang ditanam ke sebuah perangkat untuk memonitor seluruh aktifitas yang menggunakan Keyboard.

Jadi seluruh tulisan kita akan di record oleh Keylogger tersebut sehingga mereka bisa memiliki informasi penting dari pengguna perangkat tersebut.

Rootkit PC

Rootkit adalah sebuah program yang disusupkan pada sebuah perangkat , Rootkit sendiri bisa dibilang cukup berbahaya.

Karena Rootkit mampu menyembunyikan dirinya dan menjadi satu bagian dengan system milik perangkat tersebut yang kemudian dimanfaatkan.

Rootkit sendiri biasanya disisipkan ke dalam keygen , crack , atau patch dan game dan biasanya digunakan untuk memonitor perangkat tersebut.

Bahkan biasanya digunakan untuk mencuri data yang lalu lalang pada jaringan milik kita , selain hal tersebut juga hal lainnya juga ada.

Sepertinya misalnya kita memiliki informasi tentang kartu kredit maupun paypal itu juga sangat rawan bagi kita terlebih kita harus berhati hati.

Dalam bertransaksi dalam internet sebaiknya gunakan berbagai macam proteksi agar membuat kalian aman.

Meskipun itu terlihat merepotkan namun lebih baik daripada informasi tersebut diketahui oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Phising PC

Bagi kalian gamer pasti sudah tidak asing dengan kata Phising bukan, Phising adalah sebuah bentuk penipuan untuk mendapatkan informasi tentang kita.

Biasanya informasi tersebut adalah User ID , Password , email , dll bahkan juga terkadang informasi tentang Credit Card juga bisa diminta.

Sebaiknya kalian berhati hati dalam mengunjungi website , terkadang website tersebut adalah website phising.

Wabbit

Wabbit hampir mirip seperti Worm , Wabbit akan menyerang system saat dia berhasil menggandakan dirinya dengan banyak.

Kemudian Wabbit akan menjadi tidak terkendali dan mampu memakan banyak resource jadi mengakibatkan perangkat yang kita gunakan menjadi lambat.

Dialler

Dialler merupakan sebuah Malware yang ditujukan untuk melakukan pencurian data , Dialler sendiri mencobat untuk menghubungkan dirinya dengan Internet.

Jika Dialler sudah mendapatkan data yang dituju nantinya data tersebut akan dikirimkan ke Spyware maupun Keylogger lain.

Backdoor

Ini merupakan salah satu Malware yang cukup berbahaya karena mereka menyerang dari belakang dan kemudian menyebarkan berbagai macam virus dan lainnya.

Backdoor sendiri biasanya ditanamkan kepada aplikasi ilegal yang kita download pada website tertentu.

Dan Backdoor mampu merusak hardware perangkat yang kita gunakan , jadi kita harus berhati hati.

Exploit

Exploit sendiri digunakan kepada perangkat yang memiliki system pertahanan lemah pada perangkat milik mereka.

Namun Exploit sendiri memiliki fungsi berguna , biasany exploit digunakan untuk memberitahu tentang celah keamanan kita.

Dan kita diwajibkan untuk memperbaiki hal tersebut , namun ditangan orang yang salah kita harus berhati hati.

Bisa saja data tersebut diambil dan di acak acak orang jahat.

Ransomware

Ransomware ini bisa dibilang Malware yang paling berbahaya dari lainnya , hal ini dikarenakan perangkat yang kita gunakan terkunci.

Dan untuk membuka kunci tersebut kita diharuskan membayar sejumlah uang baru bisa diselamatkan data tersebut.

Ransomware sendiri biasanya disisipkan pada email attachment atau iklan bahkan halaman yang rusak.

Demikian adalah pembahasan tentang Jenis Malware Dan Berbagai Macam Fungsi Dan Kegunaannya

Terima kasih sudah membaca tentang Artikel ini , semoga mampu memberikan tambahan pengetahuan bagi kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *