Cara Mengatasi PC Lambat Dan Apa Penyebab Utamanya

Diposting pada

Cara Mengatasi PC Lambat Dan Apa Penyebab Utamanya

Cara Mengatasi PC Lambat Dan Apa Penyebab Utamanya
Tentang Komputer Lemot

Pada pembahasan kali ini Admin akan membahas tentang mengapa PC yang kita gunakan terkadang sangat lambat dan tidak responsif.

Dan itu pasti membuat kita jengkel bahkan tidak sabar dan rasanya ingin marah bukan sobat , nah Admin akan membahas hal ini dibawah.

Sebenarnya apa yang menyebabkan kenapa PC bisa lambat dalam memrposes perintah kita , dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut.

Ini dikarenakan karena Komputer / PC sendiri sudah menjadi kebutuhan utama dalam hidup , karena itu digunakan untuk bekerja dan lainnya.

Pertama yang akan kita bahas adalah mengapa hal tersebut bisa terjadi pada perangkat PC kita.

Kenapa PC Lambat

Pada pembahasan Kenapa PC Lambat ini Admin akan menjabarkan beberapa penyebab kenapa pc lambat agar kalian bisa mengetahui alasannya.

1. Harddisk Mengalami DeFragmentasi

Pada nomer 1 ini adalah alasan paling utama kenapa kinerja PC bisa melambat , ini dikarenakan faktor Defragmentasi pada Harddisk.

Harddisk dalam melakukan proses pembacaan / pencarian data, akan mencari data yang sudah tersimpan dalam harddisk menggunakan index system.

Nah misalnya jika kalian tidak pernah melakukan Fragmentasi Harddisk maka data yang sudah tersimpan akan berhamburan ketika di akses.

Dan akan membutuhkan waktu yang jauh lebih lama ketika akan diakses , gambar diatas adalah contoh fragmen data yang tidak teratur dan semrawut dimana mana.

2. Browser Memakan Banyak Ram

Selain faktor Harddisk , ada juga faktor lainnya yang menyebabkan kenapa PC kita terasa lambat , faktor kedua ini juga sama pentingnya dengan faktor pertama.

Faktor kedua ini adalah Browser Memakan banyak Ram , sudah bukan rahasia umum lagi bahwa Browser merupakan pengkonsumsi ram tertinggi pada perangkat.

Kalian bisa melihat contohnya pada gambar diatas , untuk Browser Google Chrome merupakan salah satu browser dengan pemakan ram terbanyak pada saat ini.

Untuk spesifikasi PC umum kebanyakan masih menggunakan RAM 2GB , bisa kalian bayangkan betapa lambatnya jika sebagian besar konsumsi RAM dikuasai Browser saja.

3. Temporary File sudah terlalu banyak

Nomer 3 di kuasai oleh Temp File atau Temporary File , lalu apa sih fungsi dari Temporary File itu sendiri ? Kenapa sampai banyak dan tidak terjamah ?

Jadi fungsi Temp File ini pun sebenarnya cukup sangat membantu kalian , dikarenakan kalian bisa mengakses data lebih cepat pada data yang sudah kalian kunjungi sebelumnya.

Namun setiap sisi positif pasti juga memiliki fungsi negatif , dengan Temporary file yang sudah terlalu banyak dapat menyebabkan PC menjadi lambat kinerjanya.

Karena Temp File tersebut nantinya akan semakin banyak, dan kalau tidak kita sortir ataupun buang maka bisa dipastikan memakan space yang besar pada PC.

4. Aplikasi Running Terlalu Banyak

Terkadang kita tidak sadar , bahwa kita sendiri menjalankan banyak aplikasi yang menyebabkan RAM kita termakan banyak.

Dengan banyaknya aplikasi pada PC yang kita gunakan maka pastinya itu akan membuat performa PC kita menjadi lambat.

Namun bagaima jika kita tidak membuka aplikasi apa apa namun PC tetap berjalan lambat ? Apa yang terjadi ? ada kemungkinan Aplikasi Running terlalu banyak.

Aplikasi yang kalian gunakan service nya menyala , dan kalian tidak mengetahuinya , untuk mengetahui nya kalian hanya perlu membuka system configuration.

Contohnya seperti gambar diatas , kita bisa melihat seluruh service apa saja yang menyala , dari situ kita bisa tahu apa saja aplikasi yang berjalan dibelakang layar.

5. Malware Menginfeksi PC

Untuk nomer 5 dipegang oleh posisi Malware , jika kalian merasa sudah melihat alasan dari nomer 1 sampai nomer 4 , tapi kalian merasa semuanya baik baik saja.

Ada kemungkinan Malware menginfeksi PC kalian , dan kalian tidak mengetahui nya , masalah Malware ini sendiri bisa dibilang gampang gampang susah.

Jika jenis Malwarenya normal maka masalah ini akan cepat selesai namun bagaimana bila yang menyerang adalah Malware Ganas ?

Tentu saja itu cukup berbahaya bukan , sebaiknya kalian berhati hati dalam menggunakan Internet.

6. RAM Kurang Besar

Kita mengetahui bahwa saat ini semua aplikasi membutuhkan penggunaan RAM yang cukup tinggi , dan itu membuat perangkat dengan RAM kecil tidak bisa beroperasi dengan baik.

 

7. Banyak File Corrupted

Masalah Banyak file corrupted ini terjadi biasanya karena ulah virus , saat antivirus membersihkan file yang terkena virus.

Ternyata file kita juga terkena imbasnya , tidak jarang program program penting terkena juga sehingga menyebabkan banyak file corrupt.

8. Terjadi Masalah Pada Konektifitas Jaringan

Tejadinya masalah pada konektifitas jaringan ini juga bisa menjadi penyebab utama mengapa pc kita menjadi lambat.

Ini terjadi dikarenakan tingginya trafic jaringan atau bisa juga dikarenakan hub / switch hang atau karena adanya virus yang akan masuk pada system komputer kita.

9. Hardware Overheat

Masalah hardware Overheat ini bisa dikatakan cukup membuat pusing kepala , karena selain bisa menurunkan performa pc.

Hardware Overheat juga membuat perangkat di dalam pc cepat rusak karena naiknya suhu yang berlebihan dan menyebabkan pc menjadi tidak berumur lama.

Setelah kita melakukan pembahasan tentang apa penyebabnya dari melambatnya performa komputer , dibawah ini kita akan membahas tentang cara mengatasi pc lambat tersebut.

Cara Mengatasi PC Lambat

Dibawah ini admin akan memberikan beberapa ulasan tentang bagaimana cara mengatasi pc lambat agar pc kalian bisa bekerja dengan normal.

1. Cara Mengatasi Harddisk Defragmented

Untuk masalah ini sebenarnya tidak susah , kalian hanya perlu melakukan defragmentasi harddisk kalian.

Sebaiknya defragmentasi dilakukan dengan rutin , biasakan dalam waktu 1 bulan atau 2 bulan sekali lakukan defragmentasi pada Harddisk.

Efeknya nanti akan membuat space jauh lebih lega , dan system indeks pada harddisk akan tertata jauh lebih rapi dan akan membuat umur harddisk menjadi lebih lama

Untuk melakukan defragmentasi silahakn klik Start pada kolom run ketik Disk Defragmenter.

2. Cara Mengatasi Browser Memakan Banyak Ram

Bagi kalian yang mengalami masalah ini ada beberapa cara yang Admin berikan.

Jika kalian memiliki dana berlebih sebaiknya gunakan untuk upgrade Ram kalian agar benar benar bisa digunakan untuk seluruh kebutuhan.

Jika kalian tidak memiliki budget memadahi untuk upgrade , maka kalian bisa menggunakan Browser lainnya yang tidak berat , Admin merekomendasikan Iridium Browser.

Selain ringan dan juga tingkat keamanannya juga sangat terjaga.

Jika kalian tidak ingin mengganti browser maka sebaiknya kalian tidak membuka tab pada browser terlalu banyak , cukup buka 3 – 4 tab saja.

3. Cara Mengatasi Terlalu Banyak Temp File

Untuk cara mengatasi pc lambat karena terlalu banyak Temp File , sebaiknya kalian menggunakan aplikasi saja.

Untuk admin sendiri merekomendasikan kalian untuk menggunakan aplikasi CCleaner.

Selain mudah digunakan juga teruji dalam mengatasi Temp File yang sudah menumpuk pada perangkat pc milik kalian.

4. Cara Mengatasi Aplikasi Running Terlalu Banyak

Untuk ini sebenarnya cukup mudah , kalian hanya perlu masuk ke Windows Task Manager , dan matikan aplikisi yang menurut kalian tidak diperlukan.

5. Cara Mengatasi Malware Menginfeksi PC

Untuk Cara Mengatasi PC Lambat karena malware ini sebenarnya gampang gampang susah , karena kalau malware nya berbahaya bisa saja data kita tidak akan terselamatkan.

Disini admin akan memberikan beberapa rekomendasi bagi kalian , untuk sebaiknya menggunakan antivirus apa.

Karena Antivirus yang bagus memiliki library virus yang cukup banyak dan terupdate.

Kalian bisa melihat aplikasi antivirus apa saja yang sangat bagus bagi kalian DISINI , untuk Malware sendiri Admin merekomendasikan kalian menggunakan Malwarebyte.

6. Cara Mengatasi Ram Kurang Besar

Untuk masalah ini ada 2 penyelesaian , yang pertama kalian perlu melakukan update kapasitas RAM ini akan menyelesaikan masalah hingga ke akarnya , karena RAM kalian mencukupi.

Untuk penyelesaian kedua kalian bisa mengurangi penggunaan aplikasi yang tidak penting dan aktifkan aplikasi yang benar benar diperlukan saja.

7. Cara Mengatasi Banyak File Corrupted

Untuk masalah ini sebaiknya kalian melakukan repair ulang pada system operasi kalian , ini dikarenakan file tersebut hilang atau sudah dihapus oleh antivirus.

Bisa kalian repair atau dengan melakukan install ulang.

8. Cara Mengatasi Masalah Pada Konektifitas Jaringan

Coba kalian lepas konektor RJ45 pada LAN dan kemudian kalian pasang kembali / jika sudah namun masih lambat kalian bisa coba restart switch atau hub kemudian gunakan program port scanner untuk melihat packet data apa saja yang masuk dan keluar pada jaringan kita.

9. Cara Mengatasi Hardware Overheat

Untuk masalah ini banyak sekali cara penyelesaiannya , pertama silahkan kalian pilih tempat yang memiliki sirkulasi udara yang bagus , kalau bisa ruangan yang luas.

Kedua kalian harus sering membersihkan pc kalian , debu merupakan penghambat sirkulasi udara , menyebabkan pc cepat panas.

Ketiga kalian bisa menggunakan fan yang banyak , untuk mendinginkan perangkat pc kalian agar lebih nyaman digunakan.

Semoga informasi tentang Cara Mengatasi PC Lambat Dan Apa Penyebab Utamanya bisa membantu kalian dalam menyelesaikan masalah kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *