Mengatasi Android Lambat Dan Apa Penyebabnya

Diposting pada

Mengatasi Android Lambat Dan Apa Penyebabnya

Mengatasi Android Lambat

Android Lambat pasti menjadi sebuah hal yang sangat menjengkelkan bagi user , apalagi kita ingin menggunakanya disaat sedang benar benar dibutuhkan.

Namun Smartphone tak kunjung bekerja dengan benar dan membuang waktu berharga kita , bahkan terkadang kita emosi dengan hal tersebut.

Namun tahukah kalian alasan sebenarnya kenapa Android bisa lambat kinerja nya ? Kenapa Smartphone tersebut tak kunjung bisa digunakan.

Pada postingan kali ini Admin akan membahas tentang Mengatasi Android Lambat Dan Apa Penyebabnya.

Sebenarnya alasan mengapa Smartphone Android kita lambat itu memiliki banyak penyebab , dan kita tidak bisa sembarangan dalam mengatasi hal tersebut.

Berikut adalah list yang akan Admin jabarkan dibawah agar bisa membantu kalian dalam mengatasi Smartphone lambat kalian.

Mengatasi Android Lambat

1. Memory Ram Smartphone

Smartphone memiliki jumlah memory Ram tersendiri , dan setiap Smartphone tidak sama kapasitas memory nya tergantung spesifikasi Smartphone tersebut.

Tapi yang perlu kita ketahui lebih awal adalah berapa jumlah memory Ram suatu Smartphone , misal Smartphone yang kita gunakan.

Jika Smartphone yang kita gunakan memiliki Ram sekitar 1GB , kita perlu melakukan pengawasan ekstra ketat saat menggunakan Smartphone.

Kalian tidak perlu menggunakan aplikasi yang tidak perlu , kemudian selalu sisakan space yang lumayan pada internal space kalian.

Kalau bisa gunakan Eksternal memory card untuk menaruh semua data kalian atau download,an kalian agar tidak memenuhi internal space.

2. Pergunakan Aplikasi Serbaguna Untuk Segala Kebutuhan

Saat kita menggunakan Smartphone biasanya Smartphone yang kita gunakan memiliki banyak junk file , tergantung dari apa saja yang kita download pada Smartphone tersebut.

Maka dari itu kita memerlukan sebuah aplikasi serbaguna untuk mengatasi semua hal tersebut di atas , admin akan memberikan 2 rekomendasi app itu.

NON ROOT ANDROID

Bagi kalian pengguna Non Root Android sebaiknya menggunakan aplikasi ini untuk Smartphone kalian , nama APK tersebut adalah Clean Master.

Fungsi dari Clean Master adalah berguna untuk menghilangkan junk file , mengamankan security dan juga privacy , ditambah ada memory boost , dan juga App Manager.

Root Android

Bagi kalian pengguna Root Android aplikasi yang bagus digunakan bagi kalian adalah App2SD All In One Tools , fungsinya sama seperti Clean Master.

3. 1 Antivirus Untuk 1 Smartphone

Kita perlu mengetahui bahwa Smartphone kebanyakan rentan untuk diserang virus , maka dari itu kita biasanya menggunakan Antivirus.

Antivirus digunakan untuk mengamankan sebuah perangkat dari ancaman virus dan menjaga agar smartphone tetap baik selama digunakan.

Namun tahukah kalian bahwa sebenarnya Antivirus itu membuat berat sebuah Smartphone , dikarenakan Antivirus selalu berjalan.

Walaupun Antivirus tidak digunakan , Aplikasi tersebut akan tetap menyala untuk melindungi perangkat kita dari Virus.

Maka dari itu kita hanya diwajibkan memiliki 1 Antivirus saja pada Smartphone yang kita gunakan agar tidak memberatkan

BACA JUGA:

4. Pergunakan Fitur Auto Kill

Sudah bukan rahasia umum bahwa Android dapat melakukan multi tasking , namun perlu kalian ketahui bahwasanya Multi Tasking bisa menyebabkan Ponsel melambat.

Dikarenakan banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan , sehingga penggunaan memory RAM semakin membengkak.

Maka dari itu Android memiliki Fitur Auto Kill , jika misal kalian tidak menggunakan aplikasi tersebut , sebaiknya segera gunakan Auto Kill.

Agar aplikasi tersebut tidak berjalan dibelakang layar saat kita tidak menggunakannya lagi dan membuat smartphone lebih ringan.

5. Pergunakan Aplikasi Resmi / Aplikasi Berbayar

Biasanya kita menggunakan Aplikasi android versi gratis , dan itu merupakan salah satu penyebab kenapa android menjadi lambat.

Untuk cara mengatasi android lambat tersebut kalian hanya perlu menggunakan Aplikasi versi berbayar nya saja , mengapa demikian ?

Kita tahu bahwa aplikasi gratis kebanyakan disusupi oleh iklan yang diberikan oleh pemilik aplikasi , sehingga menyebabkan smartphone menjadi lambat.

Jika jumlah iklan masih normal itu masih bisa ditoleransi , namun bagaimana dengan provider iklan nakal yang menyusupkan banyak iklan sekaligus.

Itu tentu sangat mengganggu kalian bukan , maka dari itu sebisa mungkin gunakan aplikasi berbayar agar menghindari hal tersebut.

6. Pergunakan Fitur Auto Update

Alasan lain mengapa Android Lambat adalah karena update yang kita miliki saat ini sudah tidak kompatibel dengan Smartphone kita.

Maka dari itu kita diwajibkan untuk selalu melakukan pengecekan terhadap aplikasi yang kita gunakan terus menerus.

Jika kalian tidak ingin diganggu dengan hal tersebut alangkah lebih mudahnya jika kalian tinggal mengaktifkan auto update.

Jadi jika ada update baru dari aplikasi , kalian tidak perlu untuk mengecek setiap saat , nanti akan otomatis terbarui.

7. Pergunakan Widget Seperlunya

Salah satu hal mengapa Android banyak sekali digunakan di dunia , alasan salah satunya adalah karena banyaknya widget yang tersedia bagi penggunanya.

Smartphone dengan banyak widget memiliki daya tarik yang cukup untuk membuat pengguna nyaman dalam menggunakannya.

Namun salah satu alasan dari mengapa smartphone lambat adalah penggunaan Widget yang berlebihan , sehingga menyebabkan Smartphone tidak bisa digunakan secara nyaman.

Untuk mengatasi masalah ini kalian hanya perlu menggunakan widget seperlunya dan tidak perlu menggunakan widget yang bermacam macam.

8. Hapus Aplikasi Yang Merasa Sudah Tidak Perlu Digunakan

Biasanya kita memiliki banyak aplikasi untuk digunakan pada Smartphone kita , nah lama kelamaan kita memiliki berbagai macam aplikasi yang bertumpuk pada smartphone kita.

Namun aplikasi tersebut tidak unjung kita gunakan , tahukah kalian bahwa beberapa aplikasi tersebut bisa berjalan dibelakang tanpa perlu kita aktifkan terlebih dahulu.

Nah itu merupakan alasan lainnya kenapa Android melambat , jika semisal aplikasi sudah banyak , sebaiknya aplikasi yang tak digunakan.

Segera di uninstall saja , agar tidak memberatkan smartphone kita, jika Ram kalian masih di sekitar 4GB itu bukan merupakan masalah , namun bagaimana jika memory ram kita hanya 2GB.

Itu akan cukup mengganggu aktifitas penggunaan Smartphone kita.

9. Tidak Perlu Gunakan Fitur Animasi / Screen Saver

Salah satu alasan android melambat adalah dikarenakan fitur animasi / screen saver menyala , selain menyebabkan lambatnya Smartphone.

Ini juga bisa membuat battery tidak bertahan lama , dikarenakan animasi tersebut terus berjalan meskipun dalam kondisi tidak digunakan.

Untuk mematikan fitur animasi ini kalian hanya perlu masuk ke Setting – Developer Options.

Kemudian pilih Windows Animation Scale , dan pilih Off , agar mematikan fitur animation scale tersebut.

10. Cek Cache Data

Biasanya Cache data menyimpan banyak data tidak digunakan dan harus selalu dibersihkan setiap saat , karena jika tidak dibersihkan.

Maka data tersebut akan menjadi semakin banyak bahkan dapat memberatkan Smartphone milik kita, kalian bisa membersihkan cache data paling tidak 1 minggu sekali.

11. Lakukan Wipe Cache Partition

Jika Cache data digunakan untuk aplikasi Smartphone , berbeda dengan Cache Partition , Cache partition digunakan untuk system smartphone itu sendiri.

Kalian perlu melakukan wipe cache partition paling tidak 1 bulan sekali agar bisa membuat Smartphone kalian tidak lambat dan lebih nyaman dalam digunakan.

Kalian hanya perlu masuk ke Recovery Mode kemudian pilih seperti yang Admin beri kotak pada gambar di atas.

12. Non Aktifkan Fitur Auto Sync

Salah satu hal yang menyebabkan android lambat adalah karena aktifnya fitur Auto Sync , sebenarnya fitur ini cukup berguna.

Karena dalam kondisi handphone screen off pun pemberitahuan akan tetap masuk , namun berbeda ceritanya jika banyak aplikasi yang tersinkron dengan fitur ini.

Bisa bisa Smartphone kalian akan mengalami hank jika kebanyakan menerima pemberitahuan secara beruntun.

Maka dari itu alangkah bijaknya untuk membatasi apa saja yang disambungkan dengan fitur Auto Sync atau tidak menggunakannya sama sekali.

13. Pergunakan Launcher Yang Ringan Untuk Mengatasi Android Lambat

Banyak pilihan pada Launcher dilihat dari tampilannya yang indah , namun juga dari penggunaannya .

Bagi Admin Launcher yang bagus adalah Launcher yang ringan digunakan dan cukup simple , tidak perlu ribet dan di isi bermacam macam widget.

Yang penting cukup nyaman digunakan saja sudah cukup dan tidak memberatkan smartphone itu jauh lebih penting.

Rekomendasi yang Admin berikan adalah Launcher default , jika tidak suka kalian bisa menggunakan Smart Launcher atau Hola Launcher.

14. Pergunakan Fitur Costum Rom Untuk Mengatasi Android Lambat

Costum Rom sendiri sebenarnya cukup bagus , kenapa ? karena kita bisa menggunakan sebuah rom smartphone yang sudah ditingkatkan fungsinya.

Dan juga bisa tetap nyaman untuk tetap digunakan oleh smartphone kita , namun kalian juga harus berhati hati dalam mengggunakan costum rom.

Karena ada beberapa yang tidak cocok pada Smartphone kita , dan kita harus berpikir lebih dalam lagi jika ingin menggunakan Costum Rom.

15. lakukan Reset Ulang

Jika cara diatas sudah tidak bisa semua , maka cara terakhir adalah menggunakan reset ulang / Factory Reset.

Cara ini benar benar akan mengembalikan fungsi smartphone seperti default , jadi kalian tidak perlu khawatir tentang hal lainnya.

Yang perlu kalian lakukan adalah mengamankan data penting sebelum Smartphone dilakukan reset factory.

Semoga dengan instruksi di atas bisa membantu kalian dalam Mengatasi Android Lambat milik kalian.

Terima kasih sudah membaca disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *