Cara Mudah Mengatasi Fingerprint Error

Diposting pada

Cara Mudah Mengatasi Fingerprint Error

Fingerprint Error

VoltechID – Selamat malam para pembaca , kembali lagi dengan Admin VoltechID , kali ini kita akan membahas tentang Fingerprint Error.

Masalah ini biasanya kebanyakan terjadi pada Smartphone , nah Admin akan memberitahukan berbagai macam solusi nya dibawah ini.

List Mengatasi Fingerprint Error

Dibawah ini ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan , ketika Smartphone kalian mengalami masalah pada bagian Fingerprint.

1. Gunakan Beberapa Fingerprint pada Jari yang sama

Hal ini dilakukan karena terkadang saat proses pengenalan sidik jari , tidak terjadi ke akuratan hingga 100% sehingga menyebabkan error.

Maka dari itu Admin memberi saran jika kalian membuat 2 indetitas fingerprint yang sama pada Smartphone milik kalian.

Selain ini bisa memperkecil masalah error Fingerprint pada Smartphone kalian , ini juga bisa menambah akurasi lock juga.

Ingat ya , hanya perlu 2 , tidak boleh lebih dari hal ini , jika lebih ditakutkan akan menjadi error system pada Smartphone.

2. Gunakan jari lain

Nah ini hampir sama seperti dengan cara nomer 1 , bedanya kita menggunakan bagian jari yang lain , contohnya adalah.

Jika kita menggunakan lock pada jari telunjuk bagian kanan , maka kalian perlu membuat lock pada jari telunjuk bagian kiri juga.

Kenapa hal ini dilakukan , nah jika misal terjadi error pada fingerprint , misal tidak mau membaca salah satu jari telunjuk.

Kita bisa menggunakan jari telunjung lain untuk membuka lockscreen Smartphone tersebut , ini lebih digunakan untuk langkah antisipasi.

3. Gunakan jari saat kondisi basah

Nah ini lebih menari lagi , kenapa kita perlu menambahkan hal ini , dikarenakan kadang kita menggunakan Smartphone disaat tidak umum.

Semisal saat tangan kita berkeringat atau terkena sebuah cairan , atau apapun lah itu , nah jika tidak menambahkan ini.

Tentu saja fingerprint akan mengalami error , namun jika kita menambahkan ini , saat jari kita basah maka ini bisa menjadi solusi juga.

4. Pastikan Jari kita bersih

Nah biasanya ini karena ada kotoran atau debu yang menempel pada sidik jari yang kita gunakan , sehingga Fingerprint error.

Untuk cara mengatasi ini juga cukup mudah , cukup kalian bersihkan jari kalian saja , misal dengan cuci tangan atau lainnya.

5. Restart Smartphone

Jika 4 cara di atas tidak bisa , ini biasanya ada masalah pada Software Smartphone yang kita gunakan , misalnya crash.

Jika hal itu terjadi maka kalian perlu melakukan restart Smartphone untuk melakukan refresh software tersebut agar bisa normal.

6. Lakukan clear cache Fingerprint

Jika misal cara diatas masih tidak bisa menyelesaikan masalah Error fingerprint maka kalian perlu untuk mencoba hal ini.

Yaitu dengan melakukan clear cache Fingerprint , hal ini dilakukan untuk menghapus history sidik jari yang kita gunakan.

Untuk melakukannya pun juga cukup mudah , masuk ke manager aplikasi , cari fingerprint , pilih clear cache.

7. Delete Fingerprint Data

Ini dilakukan ketika metode diatas tidak ada yang berfungsi , ini berguna untuk menghapus lock fingerprint yang digunakan oleh Smartphone.

Jadi kita perlu membuat Fingerprint ulang untuk menggunakan lock Fingerprint.

8. Reset Factory

Jika seluruh cara diatas tidak ada yang berhasil , maka bisa dipastikan Smartphone kalian mengalami masalah lain.

Lakukan reset factory untuk kembali ke pengaturan pabrik , agar Smartphone kembali ke fungsi saat pertama kali digunakan.

Ini akan menghapus semua data yang ada pada Smartphone kalian , maka dari itu kalian perlu melakukan backup data.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Mudah Mengatasi Fingerprint Error.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *