Apa Itu VPN Dan Kegunaannya

Diposting pada

Apa Itu VPN Dan Kegunaannya

Apa Itu VPN Dan Kegunaannya

VoltechID – Selamat pagi sahabat VoltechID kembali lagi dengan kami, pada pagi ini Admin akan membahas tentang Apa Itu VPN Dan Kegunaannya.

Apa Itu VPN Dan Kegunaannya

Penjelasan dibawah ini akan lebih memudahkan kalian dalam memahami apa itu VPN dan juga kegunaannya pada perangkat elektronik kalian.

Apa Itu VPN

VPN ( Virtual Private Network ) adalah sebuah terusan / perluasan dari jaringan virtual pribadi yang digunakan untuk akses publik internet.

Artinya kalian bisa mencari informasi di internet dengan menggunakan identitas lain yang tidak diketahui dan juga tidak di record oleh browser.

Sampai disini Admin anggap kalian sudah mengerti tentang Apa Itu VPN.

Kegunaan VPN

Kegunaan VPN sangatlah banyak, dan juga sangat membantu sekali terhadap user, biasanya digunakan untuk mengakses layanan publik.

Saat ini Wifi sudah merupakan suatu hal umum yang bisa kita temukan dimana mana, namun tahukah kalian bahwa Wifi bisa menjadi jaringan publik.

Dan ada banyak sekali bahaya saat kita mengakses jaringan publik tersebut, seperti terjadinya pencurian data atau lainnya.

Lebih jelasnya lagi Admin akan memberikan contoh Kegunaan VPN dibawah ini:

1. Enkripsi Data

Enkripsi Data

Layanan VPN membuat data yang kalian menjadi ter enkripsi, lalu Apa itu Enkripsi ? Enkripsi adalah sebuah metode pengkodean untuk data.

Jadi nantinya saat kita mengirimkan sebuah data hanya orang tertentu yang bisa mengakses data yang kita kirimkan tadi.

Jika menggunakan jaringan publik data yang kita kirimkan bisa saja di baca oleh orang lain atau orang yang tidak bertanggung jawab.

Sampai pada penjelasan ini Apa Itu Enkripsi admin harap kalian sudah bisa mengetahuinya, untuk lebih jelasnya bisa kesini ENKRIPSI.

2. IP Anonym

IP Anonym

Pada penjelasan Apa Itu VPN, Admin sudah menjelaskan tentang ini, jadi salah satu kelebihan lainnya adalah adanya IP Anonym.

Saat kalian mengaktifkan VPN kalian, kalian akan mendapatkan IP baru dari akses VPN kalian dan IP Tersebut tidak bisa dilacak.

Kalian bisa memilih IP Address kalian berasal darimana, seperti misalnya kalian dari Indonesia dan ingin membuka situs reddit.

Kita tahu bahwa Indonesia melarang akses terhadap website Reddit, maka dengan mengaktifkan VPN kita mendapatkan IP Anonym.

Dan kita bisa membuka website Reddit yang sudah di blokir oleh pemerintah tadi dengan lancar tanpa ada hambatan.

3. Menghilangkan Geo Restriction

Beberapa waktu lalu Kementerian Teknologi di Indonesia membuat kebijakan baru yaitu akan memblokir situs situs berbahaya.

Dan benar mereka melakukannya, saat ini pada Google Indonesia diaktifkan mode SafeSearch yang ada di setiap browser region Indonesia.

Artinya website yang bisa kita masuki akan sangat terbatas karena adanya Geo Restriction tersebut.

Nah dengan VPN kita bisa menghilangkan Geo Restriction ini, dikarenakan kita menggunakan IP Anonym yang tidak bisa terlacak wilayahnya.

4. Memberikan Akses Website Yang Diblokir

Dengan menggunakan VPN kalian bisa membuka website yang diblokir oleh negara meskipun itu sudah diblokir oleh pemerintah.

Study kasus nya sudah admin berikan di section nomer 2, yaitu contoh website nya adalah Reddit yang diblokir oleh Pemerintah.

Aplikasi VPN

Bagi kalian yang ingin untuk menggunakan VPN, kalian bisa melakukannya dengan cukup mudah, kalian hanya perlu menggunakan Aplikasi VPN.

Aplikasi VPN Untuk Browser

  • Anonymox
  • Zenmate
  • HotSpot Shield Free
  • WindScribe
  • Tunnelbear

VPN Browser

  • Opera

Aplikasi VPN Untuk Android

  • Turbo VPN
  • VPN Master

Terima kasih sudah membaca artikel tentang Apa Itu VPN Dan Kegunaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *