Ciri Harddisk Mengalami Kerusakan & Penanganannya

Diposting pada

Ciri Harddisk Mengalami Kerusakan Dan Penanganannya

Ciri Harddisk

VoltechID – Selamat siang Sahabat Volaretechnoid pada siang ini Admin akan membahas tentang Ciri Harddisk Mengalami kerusakan & Penanganannya.

Ciri Harddisk Rusak

1. Perangkat Mengalami Penurunan Performa

Mengatasi PC Lemot

Ciri Harddisk rusak yang pertama adalah penurunan performa pada perangkat yang kita gunakan, seperti pc atau laptop.

Penurunan performa yang dimaksud disini adalah sangat lambatnya dalam memproses suatu perintah, semisal untuk membuka file saja membutuhkan waktu lama.

Jika hal ini terjadi maka dipastikan kalian untuk segera melakukan pengecekkan terhadap Harddisk yang digunakan.

2. File Banyak Yang Corrupt

File Corrupt

Yang kedua adalah masalah file, biasanya ciri harddisk yang rusak adalah banyaknya file program yang tiba tiba saja corrupt.

Terkadang bisa juga ini ulah virus, namun jika misalnya kalian tidak menginstall program yang mencurigakan bisa saja ini merupakan tanda Harddisk kalian rusak.

3. Harddisk Mengeluarkan Bunyi Tidak Wajar

Harddisk Error

Ciri ketiga adalah adanya suatu bunyi aneh yang dihasilkan oleh harddisk, dan biasanya bunyinya cukup lumayan terdengar.

Ini menandakan piringan harddisk dalam posisi yang tidak stabil dan dalam jangka waktu tertentu piringan harddisk tersebut akan segera mengalami kerusakan.

4. Blue Screen

Cara Menangani Blue Screen pada Windows 7

Ciri terakhir adalah Perangkat yang kita gunakan tidak mau booting ke windows, hal ini terjadi karena data pada harddisk sudah rusak.

Dan sudah tidak bisa membaca seluruh data yang berada pada harddisk, ini sudah menandakan kerusakan total.

Namun belum tentu juga Blue Screen menandakan kerusakan pada Harddisk, bisa saja karena memang File Windows mengalami kerusakan.

5. Harddisk Mengalami Bad Sector

Ciri Harddisk

Pada ciri ini kita bisa dengan jelas melihat bahwa Harddisk sudah mengalami kerusakan yang cukup parah dari jumlah Bad Sector yang ada.

Untuk hal ini kalian harus melakukan pengecekkan dahulu sebelum kita tahu bahwa apakah benar Harddisk mengalami kerusakan atau tidak.

Cara Menangani Harddisk Rusak

Cara ini dilakukan sebelum Harddisk benar benar mengalami kerusakan, jika harddisk sudah rusak maka semua sudah terlambat.

Jika perangkat yang kalian gunakan memiliki ciri ciri yang sudah disebutkan di atas lakukan langkah langkah pencegahan seperti dibawah ini.

  • Keluarkan Harddisk yang terindikasi mengalami kerusakan
  • Gunakan Konektor Sata to USB untuk menyambungkan perangkat ke Harddisk yang rusak tadi secara eksternal
  • Jika sudah tersambung maka selamatkan data yang penting atau semua data kalian.
  • Jika data sudah terpindah semua, kalian perlu melakukan test harddisk sekali lagi, kali ini gunakan aplikasi Harddisk Low Level Format.
  • Lakukan formatting pada harddisk kalian, cek kembali apakah masih terjadi bad sector atau tidak, jika semua berwarna hijau, maka bisa dipastikan bahwa Software lah yang mengalami masalah, namun jika Jumlah Bad Sector masih banyak, bisa dipastikan memang benar terjadi kerusakan.

Harddisk merupakan benda penting dalam sebuah perangkat, maka kalian harus berhati hati dalam menggunakan perangkat kalian.

Terima kasih sudah membaca artikel Ciri Harddisk Mengalami Kerusakan & Penanganannya, semoga informasinya membantu.

One thought on “Ciri Harddisk Mengalami Kerusakan & Penanganannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *