Mengatasi Black Screen PC Pada Windows

Diposting pada

Mengatasi Black Screen PC Pada Windows

Mengatasi Black Screen PC Pada Windows

VoltechID – Pada Tutorial Teknologi kali ini Admin akan membahas bagaimana cara mengatasi Black Screen PC pada Windows kalian.

Apa Itu Black Screen

Black Screen atau bahasa indonesia nya adalah Layar Hitam adalah sebuah kondisi dimana layar tidak memunculkan apapun.

Iya, hanya layar hitam saja tidak ada tulisan atau apapun lainnya, masalah ini bisa terjadi pada semua alat elektronik.

Bisa terjadi pada Smartphone atau Tablet, Laptop dan juga PC kalian, untuk kali ini kita akan membahas pada bagian PC.

Penyebab Black Screen

Sebenarnya banyak sekali penyebab dari Blac Screen dibawah ini akan kita jabarkan satu persatu agar kita bisa tahu dimana masalahnya.

Penyebab Black Screen Karena Software

Pada bagian pertama Penyebab Black Screen Karena software, masalah ini biasanya karena ketidak cocok,an antara software dengan system Windows.

Ini biasanya saat kalian melakukan Instalasi driver software graphic secara sembarangan dan tidak melihat system requirement nya.

Penyebab Black Screen Karena Software lainnya adalah saat kalian memainkan game dengan system requirement tinggi.

Namun kalian tetap memaksakan game tersebut dimainkan, jika tidak sampai mengalami black screen biasanya hanya akan lag atau patah patah.

Namun bisa saja itu akan menyebabkan Black Screen pada perangkat yang kalian gunakan, selalu perhatikan requirement pada sebuah game.

Selain karena penyebab diatas ada hal lainnya yang perlu kalian waspadai, yaitu virus yang menyerang perangkat kalian.

Virus juga bisa menjadi Penyebab Black Screen yang bisa menyerang system windows sehingga menyebabkan kerusakan pada perangkat.

Mengatasi Black Screen PC Pada Windows ( Software )

Lakukan cara seperti dibawah ini jika memang Black Screen PC terjadi karena Software kalian yang memang bermasalah.

  • Restart PC ( Coba restart ulang PC biasanya terjadi kesalahan karena System tidak membaca program yang dibutuhkan, jika sudah di restart namun masih tetap tidak bisa maka coba cara selanjutnya.
  • Masuk Safe Mode lalu hapus aplikasi terakhir yang kalian install setelah itu lakukan restart pc lagi untuk mengetahui hasilnya.
  • Jika kedua cara diatas tidak bisa ada kemungkinan Windows terserang Virus yang menyerang system pada pc kalian, jika hal itu terjadi masuk pada safe mode kemudian lakukan scanning untuk menghilangkan virus pada perangkat kalian.

Namun bagaimana jika 3 cara diatas tidak bisa? dan masih tetap terjadi blak screen, bisa jadi karena System Windows sudah rusak.

Cara mengatasi nya adalah dengan melakukan install ulang system windows kalian agar perangkat kalian bisa menjadi normal kembali.

Penyebab Black Screen Karena Hardware

Penyebab Black Screen lainnya adalah karena masalah pada Hardware perangkat kita dan ini mencakup banyak lingkup.

Bisa saja terjadi karena salah satu dari part PC seperti VGA, RAM, Motherboard atau Monitor mengalami masalah yang harus kita cek.

Untuk memeriksa ini membutuhkan waktu yang jauh lebih banyak karena kita harus memeriksa part tersebut satu per satu.

Mengatasi Black Screen PC Pada Windows ( Hardware )

Lakukan langkah langkah dibawah ini jika memang masalah Black Screen berasal dari Hardware yang tidak bekerja dengan optimal.

  • RAM
    Kalian perlu melepas RAM kalian, kemudian gunakan penghapus baru untuk menggosok pada bagian kuningan pada RAM, bersihkan dengan benar kemudian coba restart ulang.
  • VGA
    Untuk hal ini kalian perlu mencoba menggunakan Kabel VGA lainnya, ada kemungkinan kabel nya bermasalah, coba ganti dan jika bisa maka memang kabel nya yang rusak.
  • Monitor
    Jika kabel VGA dirasa tidak bermasalah maka bisa jadi yang bermasalah adalah Monitor itu sendiri, bisa saja misalkan monitor masih mati atau memang Monitor sedang rusak, cobalah ganti dengan Monitor lainnya.
  • Motherboard
    Masalah ini adalah yang paling fatal, jika Motherboard mati maka bisa dipastikan bahwa semua perangkat tidak bisa digunakan, coba gunakan perangkat PC lain untuk mengeceknya.

Terima kasih sahabat Volaretechnoid sudah membaca tentang artikel Mengatasi Black Screen PC Pada Windows.

Semoga masalah kalian terselesaikan dan artikel ini bisa membantu kalian dalam Tutorial Teknologi ini, jika ada pertanyaan kalian bisa mengajukannya di Komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *