Penyebab Monitor Berkedip & Cara Mengatasinya

Diposting pada

Penyebab Monitor Berkedip & Cara Mengatasinya

Monitor Berkedip

VoltechID – Pada tutorial Teknologi kali ini Volare Techno ID akan membahas tentang Penyebab Monitor Berkedip & Cara Mengatasinya.

Penyebab Monitor Berkedip & Cara Mengatasinya

1. Resolusi Layar Mencapai Maksimal

Penyebab Monitor Berkedip yang pertama adalah Resolusi pada layar yang tidak wajar, bahkan kadang mencapai maksimal.

Biasanya hal ini terjadi saat kita menggunakan Monitor baru atau kita baru saja melakukan install ulang Windows pada perangkat kita.

Maka dari itu yang perlu kita lakukan adalah melakukan setting ulang terhadap resolusi layar agar bekerja seperti biasa dan supaya monitor berkedip bisa diatasi.

Cara Mengatasi Resolusi Layar Mencapai Maksimal

  • Buka Control Panel
  • Pilih menu Appearance & Personalization
  • Pilih menu Display
  • Pilih menu Resolution dan pilih resolusi yang sesuai dengan monitor yang kalian gunakan

2. Refresh Rate Terlalu Rendah / Tinggi

Bagi kalian yang tidak tahu apa itu Refresh Rate: Jumlah dari frame yang ditampilkan dalam waktu sekitar 1 detik pada monitor.

Jadi salah satu penyebab Monitor berkedip kedip adalah karena jumlah rate yang dihasilkan tidak sesuai dengan kapasitas monitor.

Setiap monitor memiliki Refresh Rate tersendiri dan agar tidak berkedip kedip, maka kalian perlu mengatur Refresh Rate tersebut.

Cara Mengatasi Refresh Rate Terlalu Rendah / Tinggi

  • Buka Control Panel
  • Pilih menu Appearance & Personalization
  • Pilih menu Display
  • Pilih Screen Resolution
  • Pilih Advance Setting
  • Beberapa saat akan muncuk kotak dialog, kalian pilih Tab Monitor kemudian pilih Properties.
  • Sebaiknya gunakan settingan Refresh Rate pada umunya, yaitu di angka sekitar 60Hz.

3. Fan Processor Mengalami Masalah

Masalah ini adalah salah satu penyebab Monitor menjadi berkedip kedip, masalah ini sebenarnya cukup umum dijumpai.

Apalagi jika kita sudah menggunakan perangkat dalam waktu yang cukup lama sekitar 3 – 5 tahun sudah pasti akan bermasalah.

Ciri ciri nya sendiri dapat mudah diketahui, yaitu dengan panasnya perangkat yang kita gunakan dalam suhu yang tidak wajar.

Apalagi jika kita baru saja menggunakan perangkat tersebut, semisal baru beberapa menit dinyalakan, dan suhunya sudah mencapai ekstrem.

Cara Mengatasi Fan Processor Mengalami Masalah

Cukup lakukan penggantian terhadap Fan Processor dan semua akan kembali dengan normal pada umumnya saat digunakan.

4. Daya Listrik Naik Turun / Tidak Stabil

Masalah umum lainnya adalah daya listrik naik turun / tidak stabil sehingga menyebabkan monitor berkedip kedip secara terus menerus.

Jika dalam waktu dekat, ini mungkin tidak akan menjadi masalah, namun jika dalam waktu panjang ini bisa berakibat buruk pada perangkat.

Awalnya karena daya listrik naik turun Monitor hanya akan mengalami pengurangan tingkat cahaya pada monitor, atau malah menjadi terang karena daya listrik naik.

Namun lama kelamaan hal ini akan menyebabkan kerusakan pada Motherboard dan juga perangkat pc lainnya yang digunakan.

Cara Mengatasi Daya Listrik Naik Turun / Tidak Stabil

Gunakan perangkat semacam Stabilizer atau juga UPS yang berfungsi untuk men stabilkan arus listrik yang nantinya di terima oleh Perangkat.

5. VGA Cable Mengalami Masalah

Masalah lainnya dalam Monitor Berkedip adalah pada kabel VGA yang digunakan pada monitor kita, yang bisa saja mengalami kerusakan.

Jika kabel VGA mengalami kerusakan maka data yang terima ke monitor nanti akan menjadi tidak lengkap sehingga menyebabkan masalah berkedip kedip tadi.

Cara Mengatasi VGA Cable Mengalami Masalah

Coba gunakan VGA Cable lainnya untuk memastikan apakah benar kerusakan yang terjadi memang disebabkan dari cable tersebut.

6. Driver VGA Perlu Di Update

Jika semisal kabel tidak bermasalah, bisa jadi masalah lainnya adalah karena driver kita tidak kompatibel dengan yang kita gunakan.

Maka dari itu kita perlu mencoba melihat apakah sudah ada daftar Driver VGA terbaru atau belum di Internet, jika sudah kita hanya perlu melakukan Update Driver VGA saja.

7. VGA Mengalami Kerusakan

Masalah terakhir penyebab Monitor Berkedip adalah karena VGA kita sendiri yang mengalami kerusakan sehingga Monitor tidak bisa menampilkan informasi dengan benar.

Bagi kalian pengguna PC mungkin hal ini tidak terlalu bermasalah karena kita bisa melakukan pengecekkan, karena PC dilengkapi dengan VGA Add On.

Berbeda dengan Laptop yang VGA nya bersifat Built In, jika VGA Laptop mengalami masalah maka akan sangat sulit identifikasi nya.

Cara Mengatasi VGA Bermasalah

Admin merekomendasikan agar kalian membawa nya ke Service center saja agar kalian bisa benar benar mengetahui kerusakan yang dialami.

Terima kasih sudah membaca Artikel ini, selamat Malam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *