Cara Membaca Spesifikasi VGA Card

Diposting pada

Cara Membaca Spesifikasi VGA Card

Spesifikasi VGA

VoltechID – Selamat Malam sahabat Volaretechnoid, malam ini Admin akan membahas tentang Tutorial Teknologi Cara Membaca Spesifikasi VGA Card.

Bagi kalian para pengguna PC maupun Laptop apalagi kalian adalah Gamer kalian perlu diwajibkan untuk tahu cara membaca VGA Card kalian.

Jika misal kalian memainkan game atau menggunakan PC / Laptop diluar batas dari kemampuan VGA Card kalian bisa menyebabkan rusak pada perangkat.

Membaca Spesifikasi VGA Card

Beberapa hal dibawah ini yang harus kalian ketahui atau perhatikan saat membaca komponen VGA Card milik kalian.

Stream Processors / CUDA Core

Jika kalian menggunakan VGA NVIDIA maka yang digunakan adalah CUDA Core, jika kalian pengguna AMD yang digunakan adalah Stream Processors.

Keduanya memiliki artian yang sama hanya berbeda pabrikannya saja, Stream / Cuda core berfungsi untuk mempercepat performa dari GPU.

Jadi jika VGA Card kalian memiliki banyak Ribuan Core bisa dipastikan kinerja atau performa dari VGA tersebut akan semakin cepat.

Base Clock

Base Clock sendiri merupakan performa atau frekuensi minimal saat VGA Card kita pergunakan dan tidak melakukan apa apa.

Contoh jika VGA memiliki Base Clock 1100 MHz maka jika saat komputer atau PC tidak digunakan apa apa alias Idle maka frekuensi nya akan berada di angka tersebut.

Untuk kalian yang misalkan tidak ingin melakukan Overclock kepada VGA Card kalian, maka kalian wajib memperhatikan Base Clock ini.

Boost Clock

Boost Clock sendiri adalah frekuensi yang dihasilkan dari Overclock pada VGA Kita, seperti sebelum nya Admin bilang jika base Clock VGA kita berada di 1100 MHz.

Maka sesudah dilakukan Overclock pada perangkat yang kita gunakan maka performa atau frekuensi yang dihasilkan akan jauh lebih besar misal menjadi 1285 MHz.

Texture Unit

Texture Unit sendiri berhubungan dengan Texture atau gambar, bagi kalian para gamer mungkin ini tidak terlalu dipikirkan.

Karena tidak terlalu berhubungan dengan proses bermain game, namun bagi kalian yang menggunakan VGA ini untuk Rendering pasti kalian akan merasakan perbedaannya.

Dikarenakan semakin banyak Unit Pengolahan yang memiliki hubungan dengan tekstur atau gambar maka semakin cepat proses rendering berjalan.

Raster Operation Pipelines / Render Output Unit

Komponen ini sangat berguna saat proses final rendering, lebih berguna jika digunakan untuk proses editing video daripada untuk gaming.

Floating Point Operation Per Second

FLOPS sendiri digunakan untuk mengetahui performa yang dimiliki oleh perangkat Komputer atau Laptop yang kita gunakan.

Jika hasil FLOPS semakin tinggi maka performa yang dihasilkan pun semakin bagus atau semakin baik bagi Perangkat kita.

Bandwith / Memory Bus Interface

Bandwith merupakan sebuah jalur informasi yang membawa informasi dari sebuah komponen menuju ke komponen lainnya.

Jadi semakin besar Bandwith yang dimiliki maka informasi yang ditampilkan pun bisa cepat terbawa pada komponen lainnya, satuan dari Bandwith adalah bit.

Video Random Access Memory ( VRAM )

VRAM sendiri adalah sebuah data acak yang berguna untuk menampilkan sebuah data secara visual atau artinya terlihat.

VRAM sendiri memiliki hubungan dengan Resolusi pada Layar PC atau Laptop jika kedua perangkat tersebut menggunakan Resolusi yang besar maka VRAM akan membutuhkan data pixel yang semakin banyak.

Oh iya dikarenakan system Gaming sekarang sudah sangat canggih, minimal kita membutuhkan VRAM sekitar 4GB pada VGA.

Thermal Design Power ( TDP )

Thermal Design Power sendiri lebih berhubungan pada energi yang digunakan saat melakukan penggunaan VGA kita.

Jika kita melakukan pekerjaan berat dengan VGA seperti misalnya melakukan rendering video, maka konsumsi energi yang digunakan pun cukup besar.

Itu sebabnya ketika kalian membeli VGA Terbaru kalian perlu juga melihat spesifikasi dari PSU atau Power Supply Unit yang kalian gunakan.

Jika ternyata PSU kalian tidak mampu mengimbangi energi yang diperlukan oleh VGA kalian maka bisa berakibat fatal yaitu kerusakan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *