Gangguan Internet Akan Terjadi Selama 2 Hari

Diposting pada

Gangguan Internet Akan Terjadi Selama 2 Hari Kedepan

Gangguan Internet

VoltechID – Sebelumnya ada berita meresahkan kepada Masyarakat bahwa nantinya akan terjadi Gangguan Internet Skala Internasional.

Gangguan ini sendiri nantinya akan terjadi selama 48 Jam atau 2 hari kedepan, Pihak Kominfo pun memberikan suara tentang hal ini.

Dilansir dari ICANN ( The Internet Corporation Of Assigned Names And Numbers ) mereka nantinya akan melakukan sebuah perbaikan jaringan.

Perbaikan tersebut adalah perbaikan System Kriptografi pada struktur Internet milik mereka yang akan berdampak pada gangguan Internet selama 2 hari kedepan.

” Bagi para pengguna Internet khususnya di Indonesia kita tidak perlu khawatir dengan hal ini ” Ujar Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Seto.

Beliau mengatakan bahwa ICANN mulai melakukan penggantian Key Signing Key ( KSK ) pada tanggal 11 Oktober 2018 di Root Server mereka.

Dampak yang ditimbulkan  bukan hanya dalam skala kecil, namun akan terjadi ke seluruh dunia, dampak kecilnya mungkin akan susah mengakses internet.

Namun dampak besarnya nanti malah kita tidak akan bisa mengakses internet sama sekali makanya kita perlu tahu hal ini.

Ferdinandus Seto kemudian menjelaskan bahwa sebenarnya penggantian KSK ini sebenarnya sudah di antisipasi sejak 2 tahun yang lalu.

” Bagi ISP yang sudah menggunakan DNS Resolver terbaru tidak akan terkena dampak dari penggantian KSK yang terjadi saat ini ” Ujarnya.

Namun pihak Kominfo tetap memberitahukan hal ini kepada Publik kususnya untuk Perusahaan Penyedia jasa ISP agar memperbaharui DNS Resolver mereka.

Namun pihak Kominfo sendiri juga menambahkan jika terjadi masalah dengan Update KSK ini dan Internet kalian tidak jalan.

Maka kalian harus menghubungi layanan ISP yang kalian gunakan dan minta supaya DNS Resolver nya segera diperbaharui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *