Sejarah Internet Dan Perkembangannya Di Dunia

Diposting pada

Sejarah Internet Lengkap

Sejarah Internet

VoltechID – Kalian pasti sudah tidak asing dengan apa itu Internet bukan Sahabat dan juga tentang Manfaat Internet di kehidupan sehari hari.

Namun apakah kalian tahu tentang Sejarah awal dari Internet dan juga perkembangannya di setiap Negara, dibawah akan kita bahas.

Sejarah Internet

Sejarah Internet

Internet atau yang bisa disebut Jaringan komputer pertama kali dibangun oleh Amerika tepatnya oleh Departemen Pertahanan pada tahun 1969.

Dan mereka melakukan pengembangan bersama dengan Lembaga ARPA, yang kemudian nama Projectnya disebut dengan ARPANET.

Project awal ARPANET ini sendiri awalnya bukan digunakan untuk umum, namun lebih digunakan untuk kebutuhan Militer.

Penggunaan awal dari Internet sendiri dulu digunakan untuk membuat system jaringan komputer yang terhubung dengan satu sama lain.

Tujuannya agar tidak ada informasi terpusat yang jika nantinya informasi itu hancur perangkat komputer lain masih memiliki back up atau cadangannya.

Internet sendiri pada awalnya hanya tersambung untuk 4 Lembaga saja, 4 Lembaga resmi tersebut adalah:

  • University Of California
  • Standford Research Institute
  • Santa Barbara
  • University Of Utah

Pembentukan jaringan terpadu pada ke 4 Lembaga tersebut pada tahun 1969, namun beberapa tahun kemudian ARPANET diperkenalkan secara umum kepada Public.

Project ARPANET mulai di arahkan untuk kebutuhan umum pada tahun 1972 Oktober dan Project ini pun terbilang cukup berhasil.

Dikarenakan dalam waktu singkat sudah banyak Lembaga yang juga bergabung dalam Project ini bahkan seluruh Universitas Negara ikut bergabung.

Dikarenakan banyaknya peminat Project ARPANET ini tidak bisa memenuhi permintaan dari seluruh lembaga lembaga tersebut.

Akhirnya dipikirkannlah jalan keluarnya Project ARPANET dipecah menjadi 2, yang pertama masih tetap ARPANET, yang kedua adalah MILNET.

ARPANET tetap digunakan untuk umum, sedangkan MILNET digunakan untuk seluruh kepentingan Militer negara US.

Manfaat Internet

Manfaat Internet

Setelah kita membahas tentang Sejarah Internet saatnya kita masuk ke Materi Manfaat Internet, sebenarnya cukup banyak Manfaat Internet, kita bahas dibawah.

  • Internet adalah Wadah / Tempat informasi yang up to date, dari informasi jaman dulu hingga informasi 1 menit lalu selalu ada pembaruan.
  • Bagi kalian yang berjualan Internet bisa menjadi ladang uang yang sempurna, kalian bisa mempromosikan barang yang kalian jual dan mencari pembeli.
  • Selain informasi disini kalian juga bisa mencari tentang kajian atau rujukan untuk ilmu pengetahuan yang tidak terbatas jumlahnya.
  • Selain kalian bisa mencari informasi dan promosi, rupanya internet juga bisa kalian gunakan untuk media komunikasi, mulai dari Chat, E-mail, hingga Skype untuk saling bertatap muka langsung.
  • Bagi kalian yang sering mengunjungi Internet pasti bukan hanya untuk hal diatas saja, kadang kadang kalian ingin melihat film lucu, atau bermain game online, Internet juga menyediakan hiburan untuk kalian.

Selain manfaat internet kita juga harus tahu bahwa Internet itu juga merupakan tempat yang berbahaya dan kita perlu hati hati.

  • Dengan bebasnya Internet, dan kita bisa menulis apapun di Internet menyebabkan tidak sedikit informasi yang kita dapatkan tidak benar / Hoax, kita perlu berhati hati dalam memilah Informasi.
  • Internet banyak digunakan untuk melakukan pembajakan karya mulai dari musik, film, game dan juga lain lainnya.
  • Hati hati saat kalian menggunakan informasi private seperti kartu kredit atau Paypal dan semacamnya karena beberapa Website sangat rentan untuk dicuri informasinya.
  • Selain informasi hoax di Internet juga banyak website yang bisa merusak mental anak anak seperti website dewasa yang bebas di akses.

Diatas kita sudah membahas tentang Sejarah Internet, Manfaat Internet dan juga Kekurangan Internet, sekarang kita akan membahas Jaringan Internet.

Jaringan Internet

Jaringan Internet

Untuk masalah ini Admin akan membahas singkat saja, nanti akan Admin bahas lebih mendalam tentang apa itu Jaringan Internet dan Sejarah Internet di Indonesia.

Untuk Jaringan Internet Admin akan bagi menjadi beberapa kategori dari ” Wilayah, Sumber Informasi Data, Transmisi Data “.

Jaringan Internet Berdasarkan Wilayah / Jangkauan Geografis

  • PAN: Jaringan ( Personel Area Network ) adalah Jaringan Internet dengan jangkauan paling rendah hanya sekitar 10 Meter saja dan juga contoh penggunaanya adalah Jaringan Bluetooth.
  • HAN: Jaringan ( Home Area Network ) ini lebih agak luas, dan jangkauannya sekitar 1 wilayah Rumah, untuk contoh penggunaanya adalah TV Kabel yang di pasang ke Router.
  • LAN: Beberapa dari kalian mungkin sudah tidak asing dengan apa itu ( Local Area Network ) jaringan internet ini lebih luas jangkauannya dari pada PAN, mencapai sekitar 1KM, dan perlu dihubungkan dengan Kabel Ethernet untuk tersambung ke Internet.
  • MAN: Untuk jaringan ( Metropolitan Area Network ) adalah teknologi lanjutan dari LAN, namun dengan jangkaungan yang jauh lebih luas bahkan mencapai sekitar 50KM.
  • WAN: Jaringan ( Wide Area Network ) adalah jaringan Internet dengan jangkauan paling luas, bahkan mencapai seluruh dunia, kecuali negara yang memang tidak tersentuh internet, tidak akan bisa mendapatkan akses internet.

Jaringan Internet Dari Sumber Informasi Data

  • Jaringan Distribusi: Adalah Jaringan yang memiliki beberapa pusat, artinya Komputer Client dan Server saling terhubung yang kemudian membentuk jaringan system tertentu.
  • Jaringan Pusat: Jaringan pusat tidak jauh berbeda dengan Jaringan distribusi, perbedaannya adalah Jaringan pusat hanya memiliki 1 Server saja dan sisanya adalah Client, Komputer Server bertugas sebagai Sumber informasi sedangkan Client adalah Perantara dalam mengakses informasi.

Jaringan Internet Dari Transmisi Data

  • Jaringan Kabel ( Wired Network ): Bagi kalian yang menggunakan LAN pasti sudah tidak asing dengan jaringan kabel, karena Media kabel ini digunakan untuk transmisi data, contoh kasusny dalam hal ini adalah penggunaan jaringan LAN.
  • Jaringan NirKabel ( Wireless Network ): Untuk jaringan ini pasti sudah sangat umum, karena kebanyakan dari kita menggunakan Jaringan ini, Jaringan Wireless menggunakan Electromagnetic Wave untuk transmisi data mereka, contoh penggunaanya adalah WiFi.

Setelah kita membahas tentang Jaringan Internet, kini kita masuk menuju materi tentang Definisi Internet, apa Definisi Internet ?

Definisi Internet

Definisi Internet

Internet adalah sebuah atau keseluruhan Jaringan Komunikasi yang menggunakan Media Elektronik lalu saling terhubung satu sama lain.

Dengan menggunakan Standar (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket untuk memenuhi kebutuhan pengguna di seluruh Dunia.

Fungsi Internet

Fungsi Internet

Dibawah ini adalah rangkuman tentang Fungsi Internet yang biasanya digunakan oleh semua banyak orang di dunia.

  • Media Komunikasi
  • Media Informasi
  • Media Pendidikan
  • Media Promosi
  • Media Hiburan

Untuk pembahasan Sejarah Internet Admin akan berasumsi bahwa kalian sudah mengerti tentang Sejarah Internet di Dunia.

Pada pembahasan selanjutnya nanti Admin akan membahas tentang Sejarah Internet di Negara Indonesia dan juga penyebarannya.

Terima kasih Sudah Membaca Artikel Sejarah Internet di Dunia.

3 thoughts on “Sejarah Internet Dan Perkembangannya Di Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *