Apa Itu Bitcoin ( Crypto Currency )

Diposting pada

Apa Itu Bitcoin Dan Fiturnya

Apa Itu Bitcoin

VoltechID – Bitcoin, mungkin nama tersebut sudah tidak asing di telinga kalian mungkin beberapa dari kalian masih bertanya tanya.

Sebenarnya Apa Itu Bitcoin dan juga bagaimana Aset Digital ini memiliki nilai, dan juga bagaimana cara kerja / penggunaanya.

Apa Itu Bitcoin

” Bitcoin Adalah sebuah Aset Digital atau sering juga disebut Mata Uang Digital ( Crypto Currency ) yang dikembangkan Oleh Satoshi Nakamato. “

Dan pada tahun 2009 Bitcoin dirilis ke Publik namun waktu itu Bitcoin sendiri masih belum memiliki nilai jual atau nilai beli.

Baca Juga: Nilai Bitcoin Dari Masa Ke Masa

Jadi kalian sudah tahu bukan Apa Itu Bitcoin, sebenarnya Bitcoin sendiri tidak jauh berbeda dengan Emas dalam kehidupan sehari hari.

Bedanya saja bentuknya adalah dalam digital, tidak bisa kita pegang, tidak bisa kita rasakan, namun memang ada nilainya.

Setelah kalian mengetahui Sekilas Tentang Bitcoin sekarang kita akan membahas tentang Fitur Bitcoin 

Fitur Bitcoin

Apa saja kelebihan Bitcoin dibandingkan dengan mata uang pada kehidupan dunia nyata kita yuk cek Fiturnya dibawah ini

Transfer Mudah Dan Bisa Kemana Saja

Kita tahu bahwa media Emas saat ini cukup rentan untuk dibawa kemana mana, tidak seperti Bitcoin yang bisa dalam sekejap dikirim.

Dan dalam jumlah besar pun tidak masalah hanya membutuhkan waktu sebentar dan Bitcoin sudah bisa diterima ke penerima.

Transfer Peer To Peer

Bitcoin adalah mata uang yang bersifat tidak memiliki kepala / pusat, tidak seperti mata uang dunia yang memerlukan pengawasan.

Keuangan Bank Dunia saat ini sepenuhan diatur oleh Bank Sentral, makanya bisa terjadi namanya Inflasi atau juga Deflasi pada mata uang.

Sedangkan Bitcoin tidak seperti itu, server Bitcoin bersifat desentralisasi yang artinya dipecah ke berbagai server yang ada.

dan mampu digunakan oleh setiap orang yang berada dalam jaringan kalian bahkan bisa melihat alur dari perjalanan Bitcoin.

Fee Transfer Ringan

Jika kita mengirimkan uang saat berbeda Bank biasanya kita akan dikenakan tarif atau Fee untuk biaya pengiriman bukan.

Nah saat kita mengirim Bitcoin kita juga akan dikenakan Fee, namun seberapa besar Fee tersebut tergantung pada kalian.

Bahkan bisa saja Fee tersebut 0 alias gratis, namun tentu saja ada kelemahannya yaitu waktu pengiriman Bitcoin akan lebih lama.

Jika kalian ingin lebih cepat maka kalian bisa membayar Fee yang lebih mahal lagi namun itu terserah kalian, bahkan free pun juga tidak apa.

Anonymous Transactions

Salah satu fitur yang paling banyak diminati pada Bitcoin Adalah Anonymous Transaction nya artinya data diri kalian tidak diketahui.

Hal ini sebenarnya bisa dirubah jika kalian ingin menampilkan public profile kalian, namun jika kalian ingin merahasiakannya juga bisa.

Jumlah Bitcoin Terbatas

Sama seperti Tambang Emas, Bitcoin juga memiliki batasan dalam mining nya diketahu jumlah keseluruhan Bitcoin di dunia adalah 21 Juta.

Dan dalam setiap kurun waktu 4 Tahun sekali jumlah Bitcoin akan semakin berkurang sama seperti Emas di dunia nyata bukan.

Bitcoin Tidak Memiliki Kontrol Pusat

Seperti yang sudah Admin bahas pada bagian Fee, Bitcoin tidak seperti mata uang yang ada di dunia nyata karena kita bisa memonitornya.

Seluruh transaksi bisa kita lihat dan terbuka secara public di seluruh dunia dan didukung oleh seluruh Server yang ada didunia.

Tidak terkontrol seperti mata uang di dunia yang membutuhkan Bank Sentral untuk arus pergerakan uang tersebut apalagi transaksinya tertutup oleh Bank Sentral.

Sampai sini semoga kalian sudah tahu dengan Apa Itu Bitcoin, semoga bisa membantu kalian dalam mengetahui tentang Bitcoin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *