Beidou Layanan GPS China Yang Ingin Saingi GPS US

Diposting pada

Beidou Satellite Siap Diluncurkan Tahun 2020

BeiDou
BeiDou GPS

VoltechID – Kalian pasti sudah tidak asing dengan Layanan GPS bukan Sobat, GPS / Global Positioning System adalah alat yang digunakan untuk menentukan letak / lokasi di permukaan bumi.

Saat ini Teknologi GPS hanya dimiliki oleh Amerika, Eropa, Rusia, dan kita selalu menggunakan teknologi mereka untuk melihat lokasi di Bumi.

Namun kali ini China sepertinya berniat untuk menyaingi Amerika tentang Teknologi GPS ini.

Kabarnya China juga akan meluncurkan layanan GPS milik mereka yang dinamakan BeiDou GPS.

China sendiri juga sudah memikirkan tentang perencanaan untuk pengorbitan satelite milik mereka ini yang akan mengorbit pada 2025 mendatang.

Namun entah kenapa Pemerintah China kemudian mempercepat rencana tersebut dan mereka berniat melakukan peluncuran pada 2020 mendatang.

Untuk fitur dari GPS BeiDou ini terbilang cukup lebih akurat dibandingkan dengan GPS milik lainnya.

Bahkan pemerintah China berani menjamin bahwa Akurasi satelit mereka diwilayah asia adalah 5 meter, sedangkan wilayah lainnya hanya berbeda 10 meter saja.

” Kami menjamin performa satelite milik kami dan kami berusaha membuat layanan baru dengan hal ini dan kami berusahan memberikan layanan non stop kepada semua negara ” Ujar Ren Chengqi Direktur China Satelite Navigation Office.

Sebenarnya ada alasan terselubung mengapa China memilih menggunakan Satelite milik mereka sendiri.

China khawatir jika nantinya masuk dalam kondisi perang maka teknologi Satelite hanya akan dikuasai oleh Amerika dan Eropa saja.

China sendiri memang sepertinya sudah siap untuk penggunaan teknologi Satelite milik mereka ini.

Dibuktikan dengan banyaknya komponen dan Microchip atau Smartphone yang sudah kompatibel dengan system milik Beidou ini.

Selain Beidou sendiri pihak China nanti juga akan meluncurkan 19 Satelite tambahan yang gunanya untuk membantu memberikan positioning yang lebih akurat pada Satelite mereka.

Tidak berhenti disitu saja pada 2 tahun mendatang Republik China juga akan meluncurkan 20 Satelite tambahan untuk membantu Satelite utama mereka.

Project ini sendiri sudah berjalan dari tahun 1994 yang fungsinya untuk menghentikan ketergantungan terhadap teknologi dari US.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *