Hoax Media Sosial Banyak Di Share Generasi Tua

Diposting pada

Bahaya Hoax Media Sosial

Hoax Media Sosial
Share Hoax

VoltechID РJika kalian melihat berbagai macam timeline dari media sosial pasti tidak sedikit yang menyebarkan Hoax bukan sahabat.

Saat ini memang sering terjadi atau sedang marak tentang berbagai informasi yang tidak benar namun di share dengam massive.

Tidak tanggung tanggung bahkan kadang di share sampai mencapai puluhan ribu orang padahal berita yang share belum tentu benar.

Terkadang hal tersebut bisa merugikan Masyarakat loh sahabat bahkan bisa menciptakan kondisi tidak kondusif pada sebuah negara.

Jika terus dibiarkan maka bisa berjatuhan korban yang tidak bersalah dan bisa menyebabkan ketegangan antar sesama anak bangsa.

Beberapa waktu lalu dilakukan sebuah riset untuk mengetahui siapa sebenarnya yang paling banyak melakukan penyebaran hoax.

Dari hasil riset yang dilakukan ternyata Hoax Media Sosial banyak di share oleh kalangan generasi tua Indonesia tanpa melakukan identifikasi terlebih dahulu.

Riset ini dilakukan oleh salah satu lembaga dari Princeston dan New York University dimana riset tersebut dilakukan saat menjelang Pilpres.

Dari hasil riset tersebut didapatkan 3.500 responden yang menggunakan platform media sosial facebook sebagai sarana penyebaran hoax tersebut.

Hasil riset tersebut juga menunjukan alasan utama dari faktor penyebaran berita hoax tersebut bukan karena faktor ekonomi atau pandangan politik.

Melainkan karena faktor usia dari informasi yang didapatkan 11% user dengan usia 65 tahun keatas paling banyak menyebarkan hoax.

Sedangan untuk user dengan usia 18 – 29 Tahun presentase penyebaran informasi hoax tersebur berada diangka yang agak rendah yaitu 3% saja.

Dilihat dari hasil riset tersebut memang pelaku paling banyak dari golongan tua dibandingkan dengan golongan muda.

Untuk golongan muda saat ini sendiri lebih bersikap mencari kebenaran terlebih dahulu kemudian baru disebarkan ke publik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *