Google India Di Investigasi Pemerintah Negara India

Diposting pada

Google India Diduga Lakukan Praktik Monopoli

Google India
Google Office India

VoltechID РBeberapa waktu lalu Google terkena sandungan kasus untuk praktek monopoli terhadap perangkat Android di wilayah Eropa.

Google kemudian mendapat peringatan dan diwajibkan untuk membayar denda sebesar $5 Millyar atas pelanggaran yang selama ini mereka lakukan.

Setelah kasus di Eropa selesai kini masalah yang sama juga terjadi lagi untuk Google, kali ini Pemerintah India yang melakukan Investigasi ke Google India.

Tuduhan yang dilaporkan pun sama yaitu monopoli market Android, negara India sendiri memang 90% share marketnya dimiliki oleh Android.

Sedangkan untuk ponsel yang terjual hampir 98% Smartphone tersebut menggunakan Android sedangkan sisanya di tempati oleh iOS Apple.

Saat ini kasus ini sedang dalam tahap awal investigasi untuk mendapatkan info lebih mendalam tentang dominasi android di market India saat ini.

Untuk kasus Google di Eropa sudah bermula sejak tahun 2011, google memaksa setiap pabrikan Smartphone yang menggunakan OS Android untuk memasukan aplikasi dari google.

Aplikasi tersebut adalah Google Playstore, Google Chrome, Google Search dan beberapa aplikasi lainnya yang berasal dari google.

Setelah Google dinyatakan bersalah Pemerintah Eropa meminta Google untuk membayar denda sebesar $5 Millyar dan juga ditambah aturan lainnya.

Aturan tersebut mengatakan bahwa nantinya setiap vendor ponsel yang memasang aplikasi Google seperti playstore diharuskan untuk membayar fee tertentu kemudian mereka juga bisa memasang aplikasi dari vendor lain selain google.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *