Play Store Error, Begini Cara Mudah Mengatasinya

Diposting pada

Play Store Error, Cara Dibawah Ini Bisa Mengatasinya

Play Store Error
Play Store Error

VoltechID Kebanyakan pengguna Android pasti cukup ketergantungan dengan aplikasi seperti Google play store bukan, aplikasi ini tergolong cukup penting.

Karena dengan aplikasi ini kita bisa melakukan download aplikasi untuk Smartphone android yang kita gunakan, bahkan juga game dan lainnya.

Namun tahukah kalian bahwa Play Store juga bisa mengalami error? tenang saja dibawah ini kita akan membahas tentang play store error.

Biasanya Play store terjadi error jika aplikasi tersebut tidak dilakukan pembaruan ataupun faktor lainnya, nah dibawah ini kita akan bahas cara mengatasi play store error.

Cara Mudah Mengatasi Play Store Error

1. Hapus Cache Aplikasi Google Play Store

Biasanya masalah terjadinya error pada Google store dikarenakan cache yang tersimpan sudah cukup banyak, dan hal tersebut membuat berat perangkat.

Untuk mengatasi hal ini coba kalian masuk ke menu setting kemudian kalian pilih menu ” aplication manager ” kemudian pilih Google Play Store.

Kemudian scroll ke bawah kalian akan menemukan tulisan ” Clear Cache “ setelah ketemu silahkan kalian tekan clear cache tersebut dan tunggu beberapa saat.

Biasanya sesudah kita melakukan clear cache pada aplikasi maka aplikasi Play Store sudah bisa digunakan dengan norma kembali, jika masih belum bisa simak langkah nomer 2.

2. Hapus Data Google Play Store

Cara ini dilakukan jika Play Store kalian masih dalam kondisi error, tujuannya adalah untuk membersihkan seluruh data pada play store, agar membuat play store lancar kembali.

Untuk cara penggunaannya sendiri sama dengan nomer 1 diatas hanya saja kalian memilih Clear Data, kemudian tunggulah beberapa saat.

Ketika sudah melakukan clear data biasanya Playstore akan melakukan update aplikasinya secara otomatis untuk mendapatkan versi terbaru.

Nah semisal jika sudah melakukan install update terbaru dan masih tidak bisa digunakan maka kalian wajib melakukan cara ketiga yang ada dibawah ini.

3. Stop Update Google Play Store

Biasanya masalah Error play store ini terjadi bukan karena kita tidak melakukan update pada aplikasinya, karena biasanya Smartphone akan menetapkan update otomatis jika ada versi terbaru.

Terkadang Smartphone yang kita gunakan tidak cocok dengan versi dari aplikasi terbaru sehingga Play store yang kita gunakan mengalami error.

Untuk cara stop update ini cukup mudah, kalian perlu melihat cara pertama saja dan kemudian pilih pada bagian Uninstall update.

Biasanya Play store akan mengambil update versi terakhir yang kita gunakan pada Smartphone kita, sehingga error tidak akan terjadi.

Namun ketika error masih terjadi kemungkinan ada aplikasi lainnya yang menjadi penyebab error tersebut, silahkan baca pada nomer 4.

4. Google Play Service Perlu Clear Cache

Terkadang yang menjadi masalahnya sebenarnya bukan play Store, melainkan aplikasi yang mengatur aplikasi Google play Store tersebut.

Aplikasi yang dimaksud adalah Google play service, nah untuk mengatasi hal ini juga sama langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menghapus cache Google play service.

Caranya juga sama seperti nomer 1 hanya saja kalian pilih aplikasi google play service bukan aplikasi google play store, jika sudah clear cache harusnya tidak ada masalah.

Namun jika masih mengalami play store error kemungkinan ada yang salah dengan data google play store service, maka cek ke nomer 5 dibawah.

5. Aktifkan Kembali Google Play Service

Jika kalian masih mengalami error pada play store makan coba kalian matikan dulu google play service kalian kemudian kalian aktifkan kembali.

Caranya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, jika sebelumnya kita pilih clear cache, kini kita pilih disable, kemudian kalian pilih enable kembali.

Hal ini akan membuat Google Play Service merestart aplikasi tersebut agar bisa berjalan kembali seperti sedia kala.

Nah namun ketika sudah di aktifkan kembali google play service namun masih tidak menyala, apa yang jadi masalahnya ya ? kalian pasti berpikir begini bukan, silahkan cek nomer 6.

6. Google Play Store belum di update

Nah terkadang saat kita membeli smartphone baru setting update kita akan selalu aktif, artinya kapanpun ada aplikasi yang memiliki versi terbaru maka akan otomatis mengalami pembaruan.

Hal ini akan menjadi masalah ketika kita tidak menggunakan Wifi karena paket data akan digunakan untuk memperbaharui aplikasi tersebut.

Jika updatenya hanya sedikit maka hal ini tidak masalah, namun bagaimana jika updatenya memakan paket data yang cukup besar?

Kalian pasti akan mematikan auto update itu bukan, nah terkadang kita lupa dengan hal ini, bahwa auto update rupanya tidak menyala.

Sehingga Play Store Error karena tidak diperbaharui, maka dari itu sebaiknya kalian selalu mengaktifkan auto update Android kalian.

7. Masalah Akun Google

Nah misalnya ketika 6 cara diatas tidak mempan kemungkinan ada masalah lainnya yang membuat Error Play Store kalian.

Ada kemungkinan akun google kita mengalami masalah sehingga error tersebut terjadi, sebaiknya kalian coba untuk sign out terlebih dahulu.

Kemudian kalian coba login kembali untuk menentukan apakah masalah tersebut benar terjadi kepada google akun milik kalian.

Jika kalian masih mengalami hal yang sama, maka cara terakhir dibawah ini adalah cara ampuh untuk mengatasi masalah Error Play Store.

8. Reset Ulang Android

Sebelum kalian melakukan Reset ulang android ke pengaturan pabrik, sebaiknya backup data penting kalian seperti nomer telfon dan lainnya.

Jika sudah maka kalian bisa melakukan reset ulang ke pengaturan pabrik, maka bisa dipastikan semua settingan akan kembali ke awal.

Terima kasih sudah membaca artikel Error Play Store Androi, semoga artikel ini bisa membantu kalian mengatasi masalah kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *